Pelaksanaan program Sistem InformasI Manajemen Nikah dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Ujungberung

Lestari, Mega Ayu (2022) Pelaksanaan program Sistem InformasI Manajemen Nikah dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Ujungberung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy

Abstract

Kantor Urusan Agama merupakan lembaga dakwah yang mempunyai peran penting dalam menjalankan tugas dan pokok Kementerian Agama RI sebagai instansi pemerintah untuk memberikan pelayanan dalam bidang keagamaan. Dengan demikian Kementerian Agama Republik Indonesia terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan salah satunya yaitu layanan pernikahan bagi pasangan calon pengantin yang akan menikah. Melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI pada tahun 2013 mengeluarkan aturan No.II/369 tentang Penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) pada Kantor Urusan Agama. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan berbasis komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prinsip pelaksanaan program Sistem Informasi Manajemen Nikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Ujungberung, fungsi dan tujuan dari pelaksanaan program Sistem Informasi Manajemen Nikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Ujungberung serta faktor pendukung dan penghambat dari diterapkannya program Sistem Informasi Manajemen Nikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Ujungberung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori prinsip pelaksanaan yang dikemukakan oleh Kurniawan, teori fungsi dan tujuan yang dikemukakan oleh James Stoner dan teori faktor pendukung serta penghambat yang dikemukakan oleh Herujito. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif yang memiliki tujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan mengenai pelaksanaan program Sistem Informasi Manajemen Nikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Ujungberung dengan proses wawancara, observasi dan proses dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa prinsip pelaksanaan program SIMKAH di Kantor Urusan Agama Kecamatan Ujungberung dengan cara menghargai hasil kerja yang sempurna dan selalu memperlakukan stafnya dengan adil. Adapun fungsi yang ditetapkan yaitu dengan memotivasi serta membimbing staf yang ada di Kantor Urusan Agama Kecamatan Ujungberung, tujuannya yaitu menciptakan kerjasama yang efektif dan efisien. Adapun Faktor pendukung dalam pelaksanaan program ini yaitu dengan menjalin komunikasi yang baik dan faktor penghambat nya yaitu server yang sering mengalami gangguan sehingga sulit diakses pada jam sibuk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan program; Kantor Urusan Agama; Sistem Informasi Manajemen Nikah;
Subjects: General Management > Information Management
Athletic and Outdoor Sports > Organizations, Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Mega Ayu Lestari
Date Deposited: 23 Sep 2022 07:51
Last Modified: 23 Sep 2022 07:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57927

Actions (login required)

View Item View Item