Manajemen Pondok Pesantren Ansharu Sunnah dalam meningkatkan kegiatan keagamaan santri : Studi deskriptif di Desa Sukarsa Kecamatan Pangatikan Kabupaten Garut

Jannah, Hasna Wardatul (2022) Manajemen Pondok Pesantren Ansharu Sunnah dalam meningkatkan kegiatan keagamaan santri : Studi deskriptif di Desa Sukarsa Kecamatan Pangatikan Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan secara fakta dapat diketahui bahwasannya Lembaga Pendidikan yang Khasnya Islam yaitu Pondok Pesantren bukan hanya sebatas Pendidikan Formal semata, melainkan juga didalamnya terdapat kegiatan-kegiatan yang bernuansa Islami. Adapun Pondok Pesantren Ansharu Sunnah merupakan pondok baru yang baru berkembang lagi setlah 20 tahun vakum. Oleh karena itu Pondok Pesantren Ansharu Sunnah juga di dalamnya mempunyai kegiatan-kegiatan keagamaan yang dimana dalam setiap kegiatannya memiliki keunggulan bagi para santrinya untuk dapat meningkatkan kegiatan keagamannya dengan tidak memperbanyak kegiatan-kegiatan. Dan di Pondok Pesantren Ansharu Sunnah memfokuskan kegiatan keagamannya ada dua yaitu Program tahfidz dan Program Dirasah Khashsah (Bimbingan Belajar studi ke Timur Tengah) Dengan begitu Pondok Pesantren juga harus memiliki cara untuk bagaimana dari segi peningkatan kegiatan Keagamaan santri untuk terwujud dengan benar atas apa yang telah direncanakan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan yang di lakukan oleh Pondok Pesantren Ansharu Sunnah dalam meningkatkan kegiatan keagamaan Santri. Teori yang digunakan disini mengambil dalam Teori Manajemen yang dikemukakan oleh George R. Terry. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan metode deskriptif melalui pendakatan Kualitatif yang memiliki tujuan untuk dapat mendeskripsikkan tentang Manajemen Pondok Pesantren Ansharu Sunnah dalam Meningkatkan Kegiatan Keagamaan Santri dengan proses Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen Pondok Pesantren Asnharu Sunnah dalam Meningkatkan Kegiatan Keagamaan Santri yakni dengan beberapa kegiatan yang sudah ada di pondok Pesantren Ansharu Sunnah. Seperti: Shalat Lima waktu, Shalat Sunnah, Kuliah tujuh menit (Kultum), Mempelajari Kitab-kitab Klasik, Kitabah, Tahfidz, dan Program Dirasah Khashah. Tapi disini penulis hanya fokus ke program tahfidzul Qur’an dan Program Dirasah Khashah untuk meningkatkan kegiatan keagamaan santri di Pondok Pesantren Ansharu Sunnah. Dalam program tahfidz setiap pelaksanaannya menggunakan metode Ummi. Pada program tahfidz semua santri wajib untuk mengikutinya, dan ditargetkan untuk jenjang SMP untuk bisa menghafal sampai 30 Juz. Sedangkan untuk Program Dirasah Khashah merupakan program yang dilakukan Pihak Pesantren untuk para Santri SMA yang kedepannya menginginkan ke jenjang studi di Timur tengah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren; Manajemen; Kegiatan Keagamaan Santri;
Subjects: General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Hasna Wardatul Jannah
Date Deposited: 23 Sep 2022 08:02
Last Modified: 23 Sep 2022 08:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57919

Actions (login required)

View Item View Item