Implementasi fungsi perencanaan program kegiatan keagamaan dalam meningkatkan kemakmuran masjid : Studi deskriptif di masjid Al-Hilal Cakung Jakarta Timur

Mufasya, Hafida Dawa (2022) Implementasi fungsi perencanaan program kegiatan keagamaan dalam meningkatkan kemakmuran masjid : Studi deskriptif di masjid Al-Hilal Cakung Jakarta Timur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemakmuran masjid yaitu upaya menghidupkan peran dan fungsi masjid. Salah satu indikator kemakmuran masjid adalah banyak jamaah yang mengikuti aktivitas keislaman sehingga masjid tidak pasif dengan kegiatan. Untuk itu pengurus DKM Al-Hilal menyadari untuk menyelenggarakan program kegiatan yang berkualitas tepat sasaran dan tepat manfaat diperlukan perencanaan yang matang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peramalan (forecasting), penetapan tujuan (establishing objective), penjadwalan (scheduling) dan penganggaran (Budgeting) program kegiatan keagamaan di masjid Al-Hilal dalam meningkatkan kemakmuran masjid. Penelitian ini menggunakan teori Louis A. Allen bahwa fungsi perencanaan terdiri dari 7 fungsi yaitu Forecasting, Establishing Objective, Programming, Scheduling, Budgeting, Developing Procedure, Establishing and interpreting policies. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan peramalan yang digunakan yaitu peramalan permintaan atau demand forecast dengan metode forecasting kualitatif menggunakan teknik survei pasar untuk mengetahui kondisi objektif masyarakat dalam merancang program. Data dari kondisi objektif tersebut diolah menggunakan teknik konsensus dan personal insight. Penetapan tujuan diawali dengan menetapkan tujuan pokok kemudian ketua mengikut sertakan setiap bagian untuk menetapkan tujuan kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya. Penjadwalan kegiatan dibagi menjadi program tahunan, bulanan, mingguan dan harian. Dalam penjadwalan faktor permintaan, kebutuhan masyarakat dan SDM diperhatikan. Jumlah anggaran setiap kegiatan selalu disesuaikan dengan kas yang tersedia dan laporan keuangan selalu terinci sebagai bentuk transparansi kepada jamaah. Dari implementasi fungsi perencanaan yang dilakukan oleh pengurus DKM Al-Hilal melalui tahap-tahap tersebut dapat meningkatkan kemakmuran masjid Al-Hilal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fungsi Perencanaan; Program Kegiatan; Kemakmuran Masjid
Subjects: General Management > Manajement for Specific Organizations
General Management > Organizations
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Hafida Dawa Mufasya
Date Deposited: 23 Sep 2022 07:32
Last Modified: 23 Sep 2022 07:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57916

Actions (login required)

View Item View Item