Bimbingan rohani Islam dalam menumbuhkan motivasi kesembuhan pada pasien jantung : Penelitian di Rumah Sakit Umum Daerah Cibabat Kota Cimahi Jawa Barat

Imanda, Novia Nurul (2022) Bimbingan rohani Islam dalam menumbuhkan motivasi kesembuhan pada pasien jantung : Penelitian di Rumah Sakit Umum Daerah Cibabat Kota Cimahi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (960kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy

Abstract

Setiap manusia pasti diberikan ujian oleh Allah Swt. Salah satu ujian yang berikan yakni ujian sakit. Dalam realitas kehidupan, di antara orang yang Allah berikan ujian berupa sakit tidak dapat menerima ujian tersebut dengan rasa sabar dan lapang hati. Bahkan tidak jarang menimbulkan rasa marah, kesal, putus asa, dan kehilangan motivasi untuk sembuh. Oleh karena itu Rumah Sakit sebagai tempat untuk dirawatnya orang-orang sakit perlu memberikan pelayanan pengobatan secara holistik yakni pelayanan dari aspek fisik dan aspek ruhani. Agar pasien bisa mendapatkan kesembuhan fisik maupun ruhaninya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui progam, proses dan hasil dari pelaksanaan Bimbingan Rohani Islam dalam menumbuhkan motivasi kesembuhan pasien jantung di RSUD Cibabat. Penelitian ini didasarkan bahwa Bimbingan Rohani Islam di rumah sakit adalah proses pemberian layanan bagi pasien untuk membimbing pasien agar bisa mendapatkan rasa ikhlas, sabar dan tenang saat menghadapi sakit yang sedang dialaminya. Dengan metumbuhkan motuvasi kesembuhan yang ditandai dengan adanya sikap positif, berorientasi pada suatu tujuan, dan adanya dorongan. Metode menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan cara pengambilan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Proses Bimbingan Rohani Islam pada pasien dilakukan dengan mengunjungi pasien ke ruangannya kemudian memberikan materi sesuai dengan kebutuhan pasien diantaranya berupa Adab dan keutamaan dzikir dan doa, ibadah dalam keadaan sakit dan hakikat sakit serta hakikat pengobatan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Bimbingan Rohani Islam sangat penting dalam menumbuhkan motivasi kesembuhan pada pasien jantung. Hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan pada diri pasien yang mengarah pada sikap positif seperti rajin beribadah, yakin akan adanya kesembuhan, menghindari faktor-faktor yang menyebabkan kondisi pasien semakin memburuk dan bersemangat menjalani pengobatan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Bimbingan Rohani Islam menjadi strategi handal dalam menumbuhkan motivasi kesembuhan pada pasien jantung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Rohani Islam; Motivasi Kesembuhan; Pasien Jantung
Subjects: Islam > Islam and Secular Disciplines
Islam > Da'wah
Islam Umum > Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi
Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Novia Nurul Imanda
Date Deposited: 23 Sep 2022 07:32
Last Modified: 23 Sep 2022 07:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57910

Actions (login required)

View Item View Item