Analisis literasi sains konten biologi pada buku siswa mata pelajaran IPA kelas IX SMP/MTs semester ganjil

Hamdani, Sopwan (2022) Analisis literasi sains konten biologi pada buku siswa mata pelajaran IPA kelas IX SMP/MTs semester ganjil. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh kurangnya kemampuan literasi sains siswa menurut hasil studi PISA tahun 2018 yang diduga salah satu penyebabnya karena penggunaan buku ajar biologi yang kurang mengandung literasi sains dan sesuai agar siswa menjadi lebih peka dan melek literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat literasi sains yang terdapat dalam buku ajar biologi SMP/MTs. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif dengan mencermati setiap kalimat dan mencocokannya dengan indikator lterasi sains. Indikator yang digunakan yaitu menurut Chiepetta & Fillman (1991). Hasil peneltian menunjukan tingkat kategori literasi sains pada buku ajar dari tiga penerbit yang berbeda menunjukan kategori baik namun proporsi kategori tiap literasi sains tidak seimbang. Dimana dari hsil buku yag di analisis tingkat kategori literasi sains dalam aspek batang tubuh pengetahuan sains sangat dominan dengan persentase sebesar 56%. Kemudian sains sebagai cara untuk menyelidiki dengan persentase 27%. Selanjutnya tingkat kategori kategori interaksi sains, teknologi, dan masyarakat dengan persentase sebesar 9%. Terakhir diikuti tingkat kategori literasi sains dalam aspek kategori sains sebagai cara berpikir dengan persentase sebesar 8%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis; Buku Ajar IPA; Literasi Sains;
Subjects: Analysis, Theory of Functions > Other Analytic Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sopwan Hamdani
Date Deposited: 30 Dec 2022 06:17
Last Modified: 30 Dec 2022 06:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57893

Actions (login required)

View Item View Item