Pengaruh pemberian reward verbal terhadap kepercayaan diri anak usia dini: Kuasi eksperimen di kelompok B RA AL I’ANAH Kosambi kecamatan Klari kabupaten Karawang

Mediani, Hillda Faddilah (2022) Pengaruh pemberian reward verbal terhadap kepercayaan diri anak usia dini: Kuasi eksperimen di kelompok B RA AL I’ANAH Kosambi kecamatan Klari kabupaten Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy

Abstract

Kepercayaan diri merupakan hal sangat diperlukan untuk dimiliki oleh setiap individu. Berdasarkan observasi awal yang peneliti lakukan, kepercayaan diri anak di kelompok B RA AL I’ANAH Kosambi dirasa masih kurang. Sebanyak 13 dari 30 anak masih merasa malu, ragu, bahkan tidak mau ketika diminta untuk berpendapat dan tampil di depan temannya. Selain itu 12 anak juga belum mampu mengatasi permasalahan saat berinteraksi, serta mudah menyerah dalam menyelasaikan tugas. Berdasarkan permasalahan tersebut, pemberian reward verbal digunakan untuk melihat adanya pengaruh dalam penguasaan kepercayaan diri anak di kelompok B RA AL I’ANAH Kosambi Kecamatan Klari Kabupaten Karawang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kepercayaan diri pada anak melalui pemberian reward verbal (kelas eksperimen); (2) Kepercayaan diri pada anak menggunakan pembelajaran konvensional (kelas kontrol); (3) Perbedaan kepercayaan diri anak usia dini antara yang menggunakan reward verbal dan menggunakan pembelajaran konvensional di kelompok B RA AL I’ANAH Kosambi Kecamatan Klari Kabupaten Karawang. Penelitian ini mengacu pada teori belajar behaviorisme yang dikembangkan oleh B.F. Skinner. Teori ini menjelaskan pentingnya penguatan positif berupa reward atau penguatan negatif berupa punishment. Reward diberikan untuk memberi motivasi agar terus melakukan kegiatan positif dan melakukan tingkah laku yang diinginkan (Rosyid, Rahmah, & Rofiqi, 2019). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode kuasi eksperimen yang dilakukan dalam kurun waktu satu bulan. Subjek penelitian ini terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen yang berjumlah 15 orang dan kelas kontrol yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, lembar penilaian unjuk kerja, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata dari hasil penilaian unjuk kerja yang dicapai anak serta rangkaian uji statistik parametrik. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa mean pada kelompok eksperimen saat pretest 37 berkualifikasi gagal dan posttest sebesar 84 berkualifikasi sangat baik. Sedangkan mean pada kelompok kontrol saat pretest adalah 36 berkualifikasi gagal dan posttest sebesar 76 berkualifikasi sangat baik. Hasil uji t test pada penelitian ini adalah 18,437 > 2,048. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil posttest antara mean pada kelompok eksperimen dengan kelas kontrol. Jadi dapat sisimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pemberian reward verbal terhadap kepercayaan diri anak usia dini di Kelompok B RA AL I’ANAH Kosambi Kecamatan Klari Kabupaten Karawang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pemberian reward verbal; kepercayaan diri; anak usia dini
Subjects: Education
Education > Miscellany of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Hillda Faddilah Mediani
Date Deposited: 28 Sep 2022 02:55
Last Modified: 28 Sep 2022 02:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57858

Actions (login required)

View Item View Item