Pengaruh Finance Costs dan Revenues terhadap Return On Assets (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Elnusa Tbk periode 2010-2020

Alsudiar, Fatimah Shaker (2022) Pengaruh Finance Costs dan Revenues terhadap Return On Assets (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Elnusa Tbk periode 2010-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (139kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan industri dengan saham-saham syariah akhir-akhir ini begitu pesat dan mulai dilirik berbagai investor karena tingginya kenaikan pendapatan tiap tahunnya. Pada umumnya suatu perusahaan didirikan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan atau laba. Laba merupakan hasil yang menguntungkan atas usaha yang dilakukan oleh perusahaan pada suatu periode tertentu. Sumber pendapatan merupakan hal terpenting bagi perusahaan untuk dapat meningkatkan jumlah keuntungan yang akan digunakan kembali untuk melakukan produksi. Semakin banyak pendapatan yang dimiliki oleh perusahaan, maka akan semakin besar peluang perusahaan untuk mengembangkan asetnya. Analisis penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Finance Costs (FC) terhadap Return On Assets (ROA) secara parsial, Revenues terhadap Return On Assets (ROA) secara parsial, dan pengaruh Finance Costs (FC) dan Revenues terhadap Return On Assets (ROA) secara simultan pada PT. Elnusa periode 2010-2020. Penelitian ini mengacu pada kerangka pemikiran atau teori yang menyatakan bahwa ketika nilai Finance Costs (FC) meningkat berarti itu menunjukkan banyaknya dana yang dikeluarkan untuk biaya promosi,biaya keuangan dan biaya lainnya sehingga dapat mengurangi tingkat kemampuan perusahaan dalam pengembalian asetnya dan apabila nilai Finance Costs turun itu akan meningkatkan nilai Return On Assets (ROA). Sedangkan Revenues yang tinggi menunjukkan semakin banyaknya aktiva perusahaan sehingga Return On Assets (ROA) semakin bertambah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan berupa laporan keuangan menggunakan data Periode 2010-2020 yang telah dipublikasikan oleh PT. ElnusaTbk. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dan kepustakaan. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis kuantitatif dan analisis uji hipotesis. Pengolahan data menggunakan IBM SPSS Statistics for Windows versi 28. Berdasarkan hasil perhitungan penelitian dapat disimpulkan bahwa Finance Costs (FC) secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan sebesar 49,3% terhadap Return On Assets (ROA). Sedangkan Revenues secara parsial tidak berpengaruh terhadap Return On Assets (ROA). Sehingga secara simultan, Finance Costs (FC) dan Revenues berpengaruh positif dan signifikan sebesar 71,9% terhadap Return On Assets (ROA).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Finance Costs; Revenues; Return On Assets (ROA).
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Financial Economics, Finance > Investment
General Management > Management for Enterprises
General Management > Financial Management
General Management > Budgeting
General Management > Management of Income and Expense
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Fatimah Shaker
Date Deposited: 23 Sep 2022 05:21
Last Modified: 23 Sep 2022 05:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57853

Actions (login required)

View Item View Item