Analisis nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film animasi Omar & Hana dan relevansinya dengan pembelajaran akidah akhlak di MI: Analisis semiotika Roland Barthes

Afidar, Lidya (2022) Analisis nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film animasi Omar & Hana dan relevansinya dengan pembelajaran akidah akhlak di MI: Analisis semiotika Roland Barthes. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena saat pandemi Covid-19 berlangsung, dimana proses pendidikan dilaksanakan secara online melalui perangkat virtual yang membatasi adanya interaksi secara tatap muka antara pendidik dan peserta didik. Kecenderungan belajar mandiri dan kurangnya interaksi membuat peserta didik perlahan kehilangan sikap sopan santun dan hormat terhadap pendidik. Pembelajaran secara online dinilai monoton dan membosankan sehingga peserta didik sering kali tidak menghargai guru saat proses pembelajaran dilaksanakan. Terlebih, kondisi moral anak-anak saat ini yang dianggap sangat memprihatinkan. Banyak anak-anak yang berusia di bawah umur berperilaku menyimpang. Seperti berkelahi dengan teman, tidak menghormati orang yang usianya lebih tua, bahkan sampai pada tindakan kriminal yang lebih tinggi seperti pencurian, pembunuhan dan kejahatan seksual yang disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya adalah dampak dari tontonan anak yang berpengaruh pada tidakan anak-anak tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, 1) Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam film animasi Omar & Hana, 2) Relevansi film animasi Omar & Hana dengan pembelajaran akidah akhlak di MI kelas I. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi berupa pemutaran film animasi Omar & Hana yang diambil dari akun youtube Omar & Hana Indonesia dan dokumentasi yang berupa catatan-catatan dialog antar tokoh dan foto-foto dari beberapa adegan dalam film. Teknik analisis data yang digunakan yaitu semiotika Roland Barthes yang dianalisis secara denotasi, konotasi dan mitos. Adapun penyajian data dalam penelitian ini melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yaitu: 1) Terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak dalam setiap episodenya. Akhlak terhadap Allah Swt (Berdzikir, Syukur dan Berdo’a), akhlak terhadap sesama meliputi akhlak terhadap Rasulullah Saw (Mencintai Rasulullah Saw), akhlak terhadap diri sendiri (Jujur, Ikhlas, Tawadhu, Rajin, Pantang Menyerah dan Sabar), akhlak terhadap keluarga, karib dan kerabat (Pemaaf, Kasih Sayang, Meluangkan Waktu Bersama Keluarga, Saling Berbagi), akhlak terhadap lingkungan (Mengumpulkan Sampah, Menjaga Kebersihan, Hemat) yang juga meliputi akhlak terhadap hewan (Menolong Hewan) dan akhlak terhadap tumbuhan (Merawat Tanaman), 2) Relevansi dengan pembelajaran akidah akhlak di Mi kelas I yaitu pada KI-1, KI-2, KI-3, KD-1.10, KD-2.2, KD-2.4, KD-2.6, KD-2.8, KD-2.9, KD-2.10, KD-2.11, KD-3.2, KD-3.2, KD-3.3, KD-3.4, KD-3.5, KD-3.6, KD-3.9, KD-3.10.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Akhlak; Film; Pembelajaran Akidah Akhlak
Subjects: Islam > Specific Moral Issues
Elementary Education
Philosopy and Theory > Semiotics
Public Performances > Motion Pictures, Movies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lidya Afidar
Date Deposited: 23 Sep 2022 02:11
Last Modified: 23 Sep 2022 02:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57837

Actions (login required)

View Item View Item