Upaya meningkatkan hasil belajar psikomotor siswa menggunakan kolaborasi metode ceramah dengan demonstrasi pada mata pelajaran fikih materi tata cara wudu : penelitian tindakan kelas di kelas I MI miftahul huda kota Cimahi

Rahmawati, Neng Setia (2022) Upaya meningkatkan hasil belajar psikomotor siswa menggunakan kolaborasi metode ceramah dengan demonstrasi pada mata pelajaran fikih materi tata cara wudu : penelitian tindakan kelas di kelas I MI miftahul huda kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar psikomotor siswa pada mata pelajaran fikih masih rendah. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran masih menggunakan metode konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar psikomotor siswa sebelum dan setelah menggunakan kolaborasi metode ceramah dengan metode demonstrasi serta penggunaan kedua metode tersebut pada setiap siklus di kelas I MI Miftahul Huda. Penelitian ini dilandasi dengan pemikiran bahwa hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu pemilihan metode pembelajaran yang belum tepat. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan II siklus dan setiap siklusnya dilakukan II tindakan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar psikomotor siswa sebelum menggunakan kolaborasi metode demonstrasi dan metode ceramah masih rendah dengan rata-rata nilai 50,6. Penggunaan kolaborasi metode demonstrasi dan metode ceramah dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dilihat dari peningkatan persentase pada siklus I dan siklus II. Aktivitas guru pada siklus I tindakan I yaitu 68% dan tindakan II yaitu 77%. Sedangkan pada siklus II tindakan I terjadi peningkatan menjadi 86% dan tindakan II juga meningkat hingga 100% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa juga terdapat peningkatan. Aktivitas siswa pada siklus I tindakan I adalah 67% dan tindakan II 76%. Pada siklus II tindakan I aktivitas siswa juga meningkat menjadi 86% dan tindakan II 100%. Selain itu, hasil belajar psikomotor siswa setelah menggunakan kolaborasi metode demonstrasi dan metode ceramah meningkat dari setiap siklusnya. Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I tindakan I sebesar 66,2 dan tindakan II yaitu 75. Pada siklus II tindakan I terjadi peningkatan menjadi 80,6 dan meningkat kembali pada tindakan II menjadi 85.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; metode demonstrasi; metode ceramah; psikomotor;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Elementary Education
Elementary Education > Creative Arts for Elementary Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Neng Setia Rahmawati
Date Deposited: 23 Sep 2022 05:00
Last Modified: 23 Sep 2022 05:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57836

Actions (login required)

View Item View Item