Pengembangan media pembelajaran interaktif Lectora Inspire untuk meningkatkan keterampilan bepikir kritis siswa pada materi gelombang bunyi

Idris, Salsabilla Fauziah (2022) Pengembangan media pembelajaran interaktif Lectora Inspire untuk meningkatkan keterampilan bepikir kritis siswa pada materi gelombang bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan abad 21 yang harus dimiliki untuk menghadapi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Faktanya pada kegiatan belajar mengajar belum mendorong pencapaian berpikir kritis. Penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif lectora inspire bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif lectora inspire, keterlaksanaan pembelajaran dengan media lectora inspire, peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, dan respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran lectora inspire. Metode penelitian menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Populasi penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Plus Al Ghifari Bandung. Sampel yang digunakan ialah kelas XI IPA 2 dengan jumlah 21 siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi media, LKPD berbasis AABTLT with SAS, tes keterampilan berpikir kritis, serta lembar angket respon siswa. Hasil penelitian memperoleh 1) Media pembelajaran interaktif lectora inspire sangat layak dengan kelayakan sebesar 76%, 2) Keterlaksanaan pembelajaran selama tiga pertemuan dengan media pembelajaran interaktif lectora inspire efektif dengan persentase 75,4%, 3) Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa sedang dengan rata-rata n-gain sebesar 0,42, 4) Respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif lectora inspire baik dengan persentase sebesar 79%. Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif lectora inspire dapat diterapkan pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gelombang bunyi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: fisika; media pembelajaran; keterampilan berpikir kritis; gelombang bunyi
Subjects: Adult Education > Distance Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Salsabilla Fauziah Idris
Date Deposited: 23 Sep 2022 03:50
Last Modified: 23 Sep 2022 03:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57826

Actions (login required)

View Item View Item