Transformasi budaya permainan tradisional menuju modern bagi Anak-anak: Penelitian di Kampung Ciharashas Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur.

Sumiati, Tia (2022) Transformasi budaya permainan tradisional menuju modern bagi Anak-anak: Penelitian di Kampung Ciharashas Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman budaya yang melimpah, salah satunya ialah mengenai permainan tradisional. Kemajuan teknologi yang berkembang begitu pesat mengakibatkan tergesernya permainan tradisional menuju permainan modern. Hal tersebut tentunya semakin mengurangi budaya yang ada, tak terkecuali di daerah pedesaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Transformasi permainan tradisional menuju modern dan jenis-jenis permainan tradisisional dan modern di Kampung Ciharashas Desa Sirnagalih Kabupaten Cianjur. Landasan pemikiran dalam penelitian ini menggunakan Teori Gidden dalam Kapitalisme dan Industrialisme. Ekonomi kapitalis merupakan salah satu penggerak perubahan sosial dalam masyarakat. Dari sektor manapun dengan pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata, masyarakat cenderung mengubah pola gaya hidup dari tradisional ke modern. Terlebih industrialisasi semakin pesat produksinya mulai dari laptop, televisi, handphone, dan alat-alat elektronik lainnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dari analisis ini ada dua jenis, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Data primer yang diperoleh merupakan hasil observasi langsung peneliti dilapangan. Sedangkan data sukunder diperoleh dari buku dan jurnal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa beralihnya permainan tradisional menuju permainan modern di Kampung Ciharashas Desa Sirnagalih disebabkan oleh adanya teknologi-teknologi canggih, permainan tradisional dikalangan anak-anak sudah tidak menarik lagi, pandangan orang tua terhadap permaina tradisional yang sangat kurang, serta faktor ekonomi suatu masyarakat meningkat akan cenderung mengubah pola hidupnya dari tradisional ke modern dimana hadirnya permainan modern dapat menimbulkan tergesernya permainan tradisional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Transformasi; Permainan Tradisional; Permainan Modern
Subjects: Change
Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Tia Sumiati
Date Deposited: 23 Sep 2022 07:23
Last Modified: 23 Sep 2022 07:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57825

Actions (login required)

View Item View Item