Strategi bertahan hidup masyarakat korban pemutusan hubungan kerja (PHK) pada masa pandemi Covid-19: Studi desktiptif di Desa Mekarsari Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur

Fitriani, Siti Aisyah (2022) Strategi bertahan hidup masyarakat korban pemutusan hubungan kerja (PHK) pada masa pandemi Covid-19: Studi desktiptif di Desa Mekarsari Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya suatu wabah yaitu pandemi Covid-19 yang menyebabkan Negara Indonesia mengalami krisis ekonomi. Sehingga beberapa perusahaan di Indonesia mengadakan pemutusan hubungan kerja (PHK). Terkhusus pada masyarakat Desa Mekarsari yang menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) pada masa pandemi Covid-19. Tentunya hal ini akan berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup masyarakat korban PHK. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kondisi sosial ekonomi masyarakat korban PHK pada masa pandemi Covid-19, strategi yang diciptakan masyarakat korban PHK pada masa pandemi Covid-19 dan keberhasilan strategi yang telah diciptakan masyarakat korban PHK pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan Teori Mekanisme Survival dari James Scott. Teori ini menyatakan ketika para petani mengalami gagal panen maka mereka akan menciptakan strategi menghemat pengeluaran, mencari pekerjaan lain dan meminta pertolongan terhadap jaringan sosial. Strategi-strategi yang dikemukakan oleh Scott didalam teorinya dapat membantu menganalisa lebih mendalam mengenai strategi bertahan hidup yang diciptakan masyarakat korban PHK pada masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kemudian, ditunjang oleh jenis data primer dari sumber data informan (pangkal: Kepala Desa Mekarsari dan kunci: masyarakat korban PHK) dan jenis data sekunder dari sumber tertulis dan dokumentasi baik langsung maupun tidak langsung. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara in- depth interview, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Data dari masyarakat korban PHK kemudian diolah menggunakan teknik analisis data Hubernan yaitu reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat korban pemutusan hubungan kerja (PHK) di Desa Mekarsari Cianjur pada masa pandemi Covid-19 mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya pada saat terkena PHK. Untuk dapat menyambung kehidupannya pada masa krisis pandemi Covid-19 masyarakat korban PHK menciptakan sebuah strategi yaitu strategi aktif dan strategi pasif. Keberhasilan strategi yang telah diciptakan dipengaruhi oleh latarbelakang kehidupan masyarakat korban PHK.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi bertahan hidup; PHK; Covid-19
Subjects: Education and Research of Literatures
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Siti Aisyah Fitriani
Date Deposited: 23 Sep 2022 00:30
Last Modified: 23 Sep 2022 00:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57822

Actions (login required)

View Item View Item