Nilai--nilai keislaman dalam tradisi Rebo Wekasan di Desa Sukamaju Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka Tahun 2007-2021

Masitoh, Itoh (2022) Nilai--nilai keislaman dalam tradisi Rebo Wekasan di Desa Sukamaju Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka Tahun 2007-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy

Abstract

Agama Islam merupakan agama mayoritas masyarakat Indonesia. Agama memiliki korelasi yang erat dengan keragaman budaya yang ada di Indonesia. Agama dan budaya merupakan dua hal yang amat penting dalam kehidupan masyarakat yang saling berhubungan dan saling mempegaruhi. Tradisi merupakan bagian dari kebudayaan, salah satu tradisi yang selalu dilaksanakan sampai saat ini yaitu tradisi rebo wekasan. Dalam sebuah tradisi tidak lepas dari yang namanya Nilai-nilai yang terkandung di dalamya. Dengan begitu penelitian ini akan membahas tentang Nilai-nilai Keislaman Dalam Tradisi Rebo Wesakasan Di Desa Sukamaju Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka Tahun 2007-2021. Dalam penulisan skripsi ini, akan membahasa tentang latar belakang munculnya tradisi rebo wekasan di Desa Sukamjau, proses berjalannya tradisi rebo wekasan tersebut di Dea Sukamju kemudian nilai-nilai keislaman yang terdapat dalam tradisi rebo wekasan, yang mana nilai-nilai tersebut terkandung dalam proses pelaksanaan tradisi rebo wekasan di Desa Sukamaju. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian sejarah, yang mana metode penelitan sejarah ini memiliki empat tahapan diantarayanya; pertama tahapan heuristik, kedua tahapan kritik, ketiga tahapan interpretasai, dan yang keempat tahapan historiografi. Pengumpulan sumber dan data, penulis lansung terjun ketempat pelaksaan tradisi rebo wekasan di Desa Sukamaju, sumber primer berupa observasi, wawancara dan dokumentasi kegiatan. Hasil dari penelitian ini yaitu tradisi rebo wekasan atau biasa ada yan menyebutnya rebo pungkasan memiliki arti dan maksud bahwa tradisi rebo wekasan itu merupakan tradisi yang dilaksanakannya pada hari rabu terakhir dibulan Safar, masyarakat desa sukamaju percaya akan adanya turun bala ke mukabumi sebanyak 320.000 bala di hari itu, dengan begitu proses pelaksanaan tradisi rebo wekasan dimulai dengan melaksanakan sholat tolak bala, kemudia dilanjutkan untuk doa bersama. Pada awal proses pelaksanaan tradisi rebo wekaasan di desa sukamju hanya oleh sediki orang dikarenakan belum banyaknya orang yang paham dan tahu serta sedikit juga orang yang paham agama. Kemudian setelah Desa Sukamaju mekar dan berkembang tradisi rebo wekasan sampai saat ini selalu dilaksanakan dengan antusia warga yang amat ramai untuk mengisi setiap langgar atau masjid. Adapun nilai-nilai keislaman yang terdapat dalam tradisi rebo wekasan, tersebut diantaranya; nilai Ibadah, Nilai Ukhuwah Islamiyah atau Silaturahmi, Nilai Sedekah dan nilai Syukur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nila-nilai Keislaman; Tradisi Rebo Wekasan
Subjects: Islam > Islamic History
Culture and Institutions
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Itoh Masitoh
Date Deposited: 23 Sep 2022 01:51
Last Modified: 23 Sep 2022 01:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57812

Actions (login required)

View Item View Item