Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye dan relevansinya dengan pembelajaran tematik di MI

Arifin, Nadia Nurul (2022) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye dan relevansinya dengan pembelajaran tematik di MI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah sebuah jalan untuk menumbuhkan segala potensi peserta didik. Tingkah laku individu, penambahan ilmu pengetahuan dan pengalaman hidup juga didapat dari proses pendidikan. Akan tetapi, pendidikan yang diterapkan terkadang masih berorientasi pada prestasi akademik saja, sehingga banyak kasus yang terjadi terkait dengan rendahnya karakter pada anak sekolah dasar. Padahal, sekolah adalah tempat yang memiliki tanggung jawab dalam pembentukan karakter peserta didik. Penanaman nilai pendidikan karakter dapat menjadikan peserta didik menjadi individu yang memiliki perilaku terpuji. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja nilai-nilai yang terkandung dalam novel yang diteliti yaitu novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye, juga untuk mendeskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye dengan pembelajaran tematik di MI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hal ini bertujuan untuk memperoleh hasil analisis dan gambaran mengenai nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye. Analisis data yang digunakan ialah analisis model Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pendidikan karakter bertujuan untuk membentuk kepribadian yang baik bagi peserta didik. Dengan begitu sudah seharusnya diterapkan dalam pendidikan di sekolah demi menghasilkan lulusan yang tidak hanya beprestasi di bidang akademik saja. Penanaman nilai karakter dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan menggunakan karya sastra. Karya sastra yang seringkali menjadi media hiburan bagi masyarakat, memiliki manfaat lain yaitu memberikan pesan-pesan baik. Karya sastra yang dapat digunakan dalam menanamkan nilai pendidikan karakter yaitu karya sastra novel yang di dalamnya terdapat kisah yang kompleks yang menghadirkan banyak nilai-nilai yang baik. Nilai pendidikan dalam novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye yakni memuat 18 nilai pendidikan karakter berdasarkan kemendikbud, yaitu nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Sedangkan relevansi novel ini dengan pembelajaran tematik di kelas 5 MI memuat enam, yakni nilai religius, jujur, toleransi, cinta tanah air, cinta damai, dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Karakter; Novel Si Anak Pelangi; Pembelajaran Tematik di MI
Subjects: Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nadia Nurul Arifin
Date Deposited: 27 Sep 2022 01:33
Last Modified: 27 Sep 2022 01:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57799

Actions (login required)

View Item View Item