Bimbingan agama dengan teknik pembiasaan ibadah dalam upaya pembentukan akhlak anak asuh : Penelitian di Panti Sosial Asuhan Anak YTPA Majalengka

Febriyanti, Irena Marliyah (2022) Bimbingan agama dengan teknik pembiasaan ibadah dalam upaya pembentukan akhlak anak asuh : Penelitian di Panti Sosial Asuhan Anak YTPA Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy

Abstract

Anak merupakan sebuah anugerah yang dititipkan oleh Allah SWT kepada setiap orang tua yang harus dilindungi, dijaga, dan diperhatikan sebaik mungkin. Namun pada kenyataannya, tidak semua anak mendapatkan haknya karena berbagai faktor, seperti ditinggal meninggal oleh orang tua, diterlantarkan oleh keluarga, dan hal-hal lainnya yang disebabkan oleh masalah ekonomi dalam keluarga. Hal tersebut membuat, anak memiliki akhlak yang kurang baik. Dengan begitu pemerintah melakukan kerjasama dengan yayasan yang ada di Indonesia, membentuk panti sosial asuhan anak, dengan tujuan untuk membantu anak-anak yang tidak mendapatkan haknya, agar tumbuh dan berkembang dengan baik, yang nantinya anak-anak tersebut memiliki akhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi akhlak anak asuh yang diinginkan oleh Panti Sosial Asuhan Anak YTPA Majalengka, mengetahui faktor-faktor penyebab anak asuh lambat mengalami perubahan akhlak di Panti Sosial Asuhan Anak YTPA Majalengka, serta mengetahui upaya pengurus Panti Sosial Asuhan Anak YTPA Majalengka dalam proses pembentukan akhlak anak asuh melalui bimbingan agama dengan teknik pembiasaan ibadah. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa bimbingan agama dengan teknik pembiasaan ibadah, yaitu menanamkan kebiasaan baik kepada anak asuh, sehingga anak asuh paham, mampu merasakan, dan bersedia melakukan kebiasaan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, karena berfokus kepada sesuatu yang dapat diamati, serta adanya keterkaitan antara perilaku dengan lingkungan sehingga menghasilkan bentuk hubungan yang fungsional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian di Panti Sosial Asuhan Anak YTPA Majalengka menunjukan terkait kondisi akhlak anak asuh yang diinginkan oleh pihak panti yaitu memiliki akhlak mulia seperti akhlak Rasulullah Saw (Siddiq, Amanah, Tabligh, dan Fathonah), serta selalu menjunjung tinggi etika dan moral yang berlaku di masyarakat; Faktor-faktor penyebab anak asuh lambat mengalami perubahan yaitu faktor internal dan faktor eksternal; Upaya pengurus panti dalam pembentukan akhlak anak asuh menggunakan bimbingan agama dengan teknik pembiasaan ibadah yaitu pihak panti memberikan nasihat, pengawasan, teguran, dan sanksi kepada anak asuh apabila masih melakukan penyelewengan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama; Pembiasaan Ibadah; Akhlak; Anak Asuh
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Irena Marliyah Febriyanti
Date Deposited: 22 Sep 2022 08:22
Last Modified: 22 Sep 2022 08:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57781

Actions (login required)

View Item View Item