Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pembangunan Agrowisata Kebon Hejo : Studi deskriptif Agrowisata Kebon Hejo di Desa Cibaregbeg Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur

Darojah, Siti Aisyah (2022) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pembangunan Agrowisata Kebon Hejo : Studi deskriptif Agrowisata Kebon Hejo di Desa Cibaregbeg Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di masyarakat baik dibidang sosial, lingkungan bahkan ekonomi. Pemberdayaan sumber daya manusia merupakan salah satu kunci yang dapat dilakukan, yang hasilnya akan menyeluruh, karena dengan memberdayakan manusia terlebih dahulu maka masalah di bidang lainnya akan dapat mereka atasi. Di Desa Cibarégbég kegiatan pemberdayaan sudah mulai tampak secara signifikan, hal ini di latar belakangi dengan dibangunnya agrowisata dengan konsep pertanian terpadu yang dibangun di atas lahan bukit tandus bekas galian pasir dengan luas sekita 2 Ha lebih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pemberdayaan melalui pembangunan agrowisata kebon hejo. Didalamnya membahas bagaimana proses dan hasil pemberdayaan yang dilakukan melalui pembangunan agrowisata Kebon Hejo. Dengan dilakukannya hal tersebut maka diharapkan akan terciptanya sebuah lingkungan dan masyarakat yang berdaya dari segi ekonomi maupun sosial dan lingkungan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teori yang dikemukakan oleh Edi Suharto yang membahas berbagai alternatif yang ditempuh untuk melakukan pemberdayaan. Kegiatan pemberdayaan dan pencapaian tujuan pemberdayaan dapat dicapai melalui pendekatan pemberdayaan atau disingkat menjadi 5P, yaitu Pemungkinan, Penguatan, Perlindungan, Penyokongan dan Pemeliharaan. Maka dari itu 5P ini menjadi acuan teori dari proses pemberdayaan ekonomi masyarakat. Pendekatan melalui 5P ini menerapkan bagaimana gambaran proses pembangunan Agrowisata Kebon Hejo dari mulai memungkinkan menciptakan iklim baru pada suatu daerah yang memungkinkan daerah tersebut dapat berkembang melalui potensi yang digali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memaparkan dan menjelaskan data-data secara menyeluruh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pembangunan agrowisata kebon hejo yang dilakukan oleh pemerintah desa Cibarégbég cukup berjalan efektif walaupun banyak tantangan dan hambatan yang dilalui ketika proses pembangunan agrowisata tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat; Agrowisata; Pemerintah Desa;
Subjects: Social Groups
Communities
Econmics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Siti Aisyah Darojah
Date Deposited: 23 Sep 2022 05:22
Last Modified: 23 Sep 2022 05:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57778

Actions (login required)

View Item View Item