Bimbingan pranikah untuk calon mempelai dalam mewujudkan keluarga sakinah mawaddah dan rahmah : Penelitian di Kantor Urusan Agama Kecamatan Juntinyuat Indramayu

Rifqoh, Maudyah Phanny (2022) Bimbingan pranikah untuk calon mempelai dalam mewujudkan keluarga sakinah mawaddah dan rahmah : Penelitian di Kantor Urusan Agama Kecamatan Juntinyuat Indramayu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy

Abstract

Pernikahan merupakan tahap awal yang harus lalui oleh pasangan suami dan istri untuk membentuk keluarga yang sakinah mawaddah warahmah. Namun, usaha untuk mencapainya seringkali terhambat oleh berbagai macam permasalahan yang terjadi didalam keluarga itu sendiri pasca pernikahan. Oleh sebab itu, setiap calon pengantin harus memiliki bekal pengetahuan tentang panduan hidup berumah tangga dengan cara mengikuti kegiatan bimbingan pranikah. Agar dapat menghadapi tantangan internal maupun eksternal, mengelola konflik dalam keluarga, memenuhi kebutuhan keluarga serta membina keluarga agar tetap utuh dan harmonis. Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mengkaji bimbingan pranikah dalam mewujudkan keluarga sakinah mawaddah dan rahmah. Secara khusus yaitu untuk mengetahui bagaimana program, proses dan tahap pelaksanaan serta hasil dari bimbingan pranikah untuk calon mempelai di KUA Kecamatan Juntinyuat. Landasan pemikiran pada penelitian ini adalah bimbingan pranikah sebagai upaya untuk membantu calon mempelai oleh seorang pembimbing profesional, sehingga mereka dapat berkembang dan mampu memecahkan masalah yang dihadapinya melalui cara-cara yang menghargai, toleransi dan dengan komunikasi yang penuh pengertian, sehingga akan tercapai motivasi keluarga, perkembangan, kemandirian dan kesejahteraan seluruh anggota keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi secara langsung dengan kepala KUA Kecamatan Juntinyuat, penyuluh agama Islam serta pasangan calon mempelai yang telah mengikuti bimbingan pranikah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program bimbingan pranikah dilaksanakan setiap ada pasangan calon mempelai yang telah melengkapi pendaftaran pernikahan dan formulir bimbingan pranikah. Pemberian materi bimbingan pranikah dilakukan oleh fungsionaris KUA dan tenaga medis dari PLKB/Puskesmas melalui metode ceramah, diskusi dan simulasi. Kesimpulannya, bimbingan pranikah dapat meningkatkan pemahaman diri dari masing-masing calon mempelai mengenai panduan hidup berumah tangga dan cara mewujudkan keluarga sakinah mawaddah dan rahmah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pranikah; Calon Mempelai; Keluarga Sakinah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bimbingan Perkawinan BP4
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Maudyah Phanny Rifqoh
Date Deposited: 23 Sep 2022 07:36
Last Modified: 23 Sep 2022 07:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57767

Actions (login required)

View Item View Item