TPACK calon guru dalam mengembangkan media pembelajaran video berbasis Canva untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada materi Usaha dan Energi

Junissetiawati, Delviana (2022) TPACK calon guru dalam mengembangkan media pembelajaran video berbasis Canva untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada materi Usaha dan Energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi TPACK Calon Guru Fisika berdasarkan instrumen CoRe dan PaP-eRs, kelayakan media pembelajaran video berbasis canva, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran video berbasis canva dan peningkatan kemampuan kognitif peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate). Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik X MIPA dengan sampel terdiri dari satu kelas yang berjumlah 30 peserta didik. instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi CoRe, lembar validasi PaP-eRs, lembar validasi media, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Assesment Based on Trajectory Learning (AABTLT) dan tes kemampuan kognitif. Teknik analisis yang digunakan adalah perhitungan skor pada lembar validasi, N-Gain, uji paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan komptensi TPACK calon guru yang diukur menggunakan CoRe pada seluruh pertemuan memperoleh persentase sebesar 62% dengan kategori growing sedangkan berdasarkan instrumen PaP-eRs calon guru memperoleh persentase sebesar 75 dengan katgeori baik. Kelayakan media pembelajaran sebesar 88,7% dengan katgeori sangat layak. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran video berbasis canva sebesar 83,9% dengan katgeori efektif. Berdasarkan hasil N-Gain diperoleh peningkatan kemampuan kognitif peserta didik sebesar 0,58 dengan katgeori sedang. Kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji paired sampel t test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,254 yang lebih besar dari nilai signifikansi 0,05, hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai kemampuan kognitif peserta didik sebelum menggunakan media pembelajaran video berbasis canva dan setelah menggunakan media pembelajaran video berbasis canva pada materi Usaha dan Energi di Kelas X MIPA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: TPACK; Canva; Video; CoRe; PaP-eRs
Subjects: Special Computer Methods > Digital Video
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Delviana Junissetiawati
Date Deposited: 23 Sep 2022 02:21
Last Modified: 23 Sep 2022 02:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57750

Actions (login required)

View Item View Item