Bimbingan agama dalam meningkatkan kedisiplinan siswa pada masa transisi sekolah tatap muka di MTs Al-Hidayah:Studi deskriptif di kampung Cikareo Desa Salakuray Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut

Hasanah, Isdatul (2022) Bimbingan agama dalam meningkatkan kedisiplinan siswa pada masa transisi sekolah tatap muka di MTs Al-Hidayah:Studi deskriptif di kampung Cikareo Desa Salakuray Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan kedisiplinan siswa yang timbul dari adanya perubahan sistem pembelajaran yang mengharuskan seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan dirumah. Dampaknya ketika pembelajaran tatap muka kembali diberlakukan ditemukan banyak siswa yang bersikap tidak disipin contohnya siswa datang terlambat kesekolah, siswa tidak mengikuti semua pembelajran yang dilakukan dimasa transisi. Sehingga dibentuk program bimbingan agama untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dimasa transisi sekolah tatap muka. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui program, proses, dan hasil yang dicapai bimbingan agama dalam meningkatkan kedisiplianan siswa dimasa transisi sekolah tatap muka di MTs Al-Hidayah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode deskriptif dipilih untuk menjabarkan situasa yang ada dilapangan mengenai program bimbingan agama dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Al-Hidayah. Penelitian in didasari oleh landasan pemikiran bahwa bimbingan agama adalah suatu program bimbingan yang dapat menyelesaikan permasalahan yang ada dalam diri siswa melalui kegiatan-kegiatan keagamaan yang diharapkan dapat diterapkan oleh siswa sehingga siswa dapat kembali bersikap disiplin, yang akan berguna terhadap kehidupannya dimasa sekarang dan masa yang akan datang. Hasil penelitian menunjukan bahwa program bimbingan agama dalam meningkatkan kedisiplinann dimasa transisi sekolah tatap muka di MTs Al-Hidayah adanya perubahan siswa menjadi lebih baik. Perubahan dapat dilihat dari indikator kedisiplian yang kembali diterapkan oleh siswa yaitu siswa tidak datang terlambat kesekolah, siswa mengikuti semua pembelajaran yang dilakukan sekolah, siswa bersikap rapih mengenai pakaian dan siswa dapat melaksanakan kewajiban beribadah secara tepat waktu. Walaupun dilihat dari persentase kedisiplian siswa tidak sempurna karena ada beberapa yang masih menyesuaikan bersikap disiplin, tetapi tahap demi tahap siswa terus mengalami peningkatan kedisiplian. Kata Kunci : Bimbingan Agama, Kedisiplian, Masa Transisi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama; Kedisiplinan; Tatap Muka
Subjects: Education, Research
Education, Research
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Isdatul Hasanah
Date Deposited: 23 Sep 2022 00:31
Last Modified: 23 Sep 2022 00:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57747

Actions (login required)

View Item View Item