Bimbingan Islam dengan teknik muhasabah diri untuk meningkatkan Self Confidence : Studi kasus siswa kurang percaya diri di MA Tanwiriyyah Cianjur

Nuroin, Siti Marwah Hanifa (2022) Bimbingan Islam dengan teknik muhasabah diri untuk meningkatkan Self Confidence : Studi kasus siswa kurang percaya diri di MA Tanwiriyyah Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (699kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy

Abstract

Percaya diri atau self confidence adalah aspek kepribadian yang penting pada diri seseorang. Tanpa adanya kepercayaan diri maka akan menimbulkan banyak masalah pada diri seseorang. Kepercayaan diri merupakan atribut yang paling berharga pada diri seseorang dalam kehidupan bermasyarakat, karena dengan adanya kepercayaan diri, seseorang mampu mengaktualisasikan segala potensi yang ada di dalam dirinya. Tujuan dari penelitian ini, yaitu : (1) mengetahui kondisi konseli sebelum mendapatkan layanan bimbingan Islam dengan teknik muhasabah diri untuk meningkatkan self confidence di MA Tanwiriyyah Cianjur; (2) mengetahui proses pelaksanaan bimbingan Islam dengan teknik muhasabah diri untuk meningkatkan self confidance di MA Tanwiriyyah Cianjur ; (3) mengetahui hasil dari bimbingan Islam dengan teknik muhasabah diri untuk meningkatkan self confidance di MA Tanwiriyyah Cianjur. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu bimbingan Islam dengan teknik muhasabah diri. Muhasabah ialah introspeksi diri atau menilai diri sendiri dengan cara mengevaluasi setiap perbuatan baik yang belum dilakukan seseorang ataupun perbuatan yang telah dilakukan seseorang. Muhasabah perlu dilakukan setiap saat, kapanpun waktunya. Muhasabah sangat penting dilakukan karena seseorang yang senantiasa mengoreksi dirinya secara tidak disadari ia dapat menutup jalan untuk berbuat kebatilan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisanya menggunakan analisa deskritif komparatif, yaitu membandingkan antara teori dan praktik di lapangan, membandingkan kondisi konseli sebelum dan sesudah pemberian bimbingan konseling Islam dengan teknik muhasabah diri untuk meningkatkan kepercayaan diri (Self Confidence). Hasil akhir dari penelitian ini adalah dapat dikatakan berhasil, hal ini ditunjukkan dengan terlihatnya perubahan perilaku konseli dalam kehidupan sehari-harinya yang awalnya sering melakukan hal-hal yang menghambat dirinya berkembang sekarang lebih bisa memanfaatkan waktunya dengan sebaik mungkin diisi dengan kegiatan positif dalam meningkatkan keimanan dan potensi dalam diri, sehingga konseli lebih meningkat kepercayaan dirinya di bandingkan sebelum melakukan konseling.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islam; Muhasabah Diri; Kepecayaan diri
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence
Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Siti Marwah Hanifa Nuroin
Date Deposited: 23 Sep 2022 05:40
Last Modified: 23 Sep 2022 05:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57736

Actions (login required)

View Item View Item