Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap Wanprestasi dalam praktik jual beli Istishna’ : Studi kasus di konveksi Distro Santri Desa Suradadi Lor Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal

Husaini, Moch Azhari Husaini (2022) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap Wanprestasi dalam praktik jual beli Istishna’ : Studi kasus di konveksi Distro Santri Desa Suradadi Lor Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daptarpustaka.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Jual beli istishna’ atau jual beli pesanan merupakan jual beli yang sudah menjadi hal lumrah bahkan sudah menjadi kebutuhan masyarakat, yakni ketika seseorang membutuhkan suatu barang akan tetapi ketersediaan barang terbatas sehingga diperlukan waktu untuk memproduksi barang tersebut. Pada praktik jual beli istishna’ tidak jarang dijumpai permasalahan-permasalahan yang terjadi seperti yang terjadi pada konveksi Distro Santri. Permasalahan tersebut seperti keterlambatan, ketidaksesuaian barang dan pembatalan secara sepihak. Berangkat dari permasalahan tersebut, adapun tujuan yang ingin dicapai penulis ialah untuk mengetahui praktik jual beli istishna’ di konveksi Dsitro Santri, untuk mengetahui upaya dalam menyelesaikan wanprestasi di konveksi Distro Santri dan untuk mengetahui tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap wanprestasi dalam akad jual beli istishna’ di konveksi Distro Santri. Penelitian ini merupakan pelaksanaan akad pesanan di Konveksi Distro Santri dengan menggunakan akad istishna’ yang berdasarkan pada hukum ekonomi syariah yang bersumber dari nash, kaidah fiqh, KHES,Fatwa DSN-MUI maupun KUHPerdata yang mengatur pelaksanaan serta pembatalan akad istishna’. Penelitian ini merupakan hasil penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah Deskriptif analisis. Dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan mengumpulkan sumber primer dan sekunder. Kemudian sumber data yang diperoleh dilapangan dihubungkan dengan teori-teori hukum ekonomi syariah yang berkaitan dengan istishna’ selanjutnya ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan pelaksanaan pembayarran dalam praktik jual beli istishna’ di konveksi Distro Santri yaitu konsumen membayar 50% setelah akad disepakati kemudian sisanya dibayar setelah pesanan tersebut jadi. Dalam praktik jual beli istishna di konveksi Distro Santri tidak jarang dijumpai permasalahan baik yang timbul atas kesalahan pihak Distro Santri maupun pembelinya. Upaya yang dilakukan dalam permasalahan wanprestasi tersebut dilakukan dengan cara musyawarah. Pelaksanaan jual beli istishna’ yang dilakukan di konveksi Distro Santri ini belum sepenuhnya sesuai dengan syari’at di mana masih dapat dijumpai keterlambatan pembayaran dan penyerahan barang, ketidaksesuaian barang yang dipesan, sehingga dimungkinkan akan timbul pembatalan. Berdasarkan hukum ekonomi syariah, pembatalan akad yang dilakukan oleh pembeli/pemesan mengandung hak khiyar. Sehingga dengan adanya akad tersebut pembeli dapat melanjutkan atau membatalkan akad tersebut. Adapun mengenai praktik khiyar aib di Distro Santri itu masih belum maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Istishna; Wanprestasi
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Moch. Azhari Husaini
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:39
Last Modified: 22 Sep 2022 04:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57730

Actions (login required)

View Item View Item