Pengaruh penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Socio-Scientific Inquiry-Based Learning (SSIBL) pada materi perubahan lingkungan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa

Ilahi, Nida Pesona (2022) Pengaruh penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Socio-Scientific Inquiry-Based Learning (SSIBL) pada materi perubahan lingkungan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy

Abstract

ENGLISH : Mastery of concepts is needed by students in understanding the material for a long time, but in fact the mastery of concepts that students have is still low. Learning using SSIBL-based LKPD can be a solution because there are three stages, namely the Ask stage, Find out (Action), and Act Act (Find Out). The purpose of this study was to analyze how the influence of learning by using SSIBL-based worksheets in improving students' mastery of concepts on environmental change material. The research method used in this study is the Quasi Experiment method using two class samples in class X MIPA, namely class X MIPA 2 as the experimental class and X MIPA 4 as the control class. The results of data analysis obtained from this study is that there is a significant influence between the dependent variable and the independent variable, it can be seen from the results of the t-test which states that Ho is rejected and H1 is accepted with a significance value (2-tailed) < 0.05, namely of 0.036 0.05, the results of the N-Gain in the experimental class are 0.64 which are included in the medium category, and the results of the Effect size test are 64% in the medium category. Based on the research that has been carried out, it can be concluded that there is an effect of learning by using this SSIBL-based LKPD in increasing students' mastery of concepts, especially on environmental change material. INDONESIA : Penguasaan konsep sangat dibutuhkan siswa dalam memahami materi dalam jangka waktu yang lama, namun faktanya penguasaan konsep yang dimiliki siswa masih rendah. Pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis SSIBL dapat menjadi solusi dikarenakan terdapat tiga tahapan yaitu tahapan Ask (Tanya), Find out (Tindakan), dan Act Act (Cari Tahu). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis SSIBL dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi perubahan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experiment dengan menggunakan dua sampel kelas di kelas X MIPA yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data yang didapatkan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel terikat dan variabel bebas, hal di atas dapat dilihat dari hasil uji-t nya yang menyatakan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima dengan perolehan nilai signifikansi (2-tailed) < 0.05 yaitu sebesar 0.036 ˂ 0.05, hasil N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0.64 yang termasuk pada kategori sedang, dan hasil uji Effect size sebesar 64% dengan kategori sedang. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis SSIBL ini dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa khusunya pada materi perubahan lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: SSIBL-based LKPD; Concept Mastery; Environmental Change LKPD berbasis SSIBL; Penguasaan Konsep; Perubahan Lingkungan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Secondary Education > Upper Level Secondary School
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nida Pesona Ilahi
Date Deposited: 22 Sep 2022 05:10
Last Modified: 22 Sep 2022 05:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57723

Actions (login required)

View Item View Item