Pengaruh pendekatan Science-Technology-Engineering Arts-Mathematics (STEAM) terhadap keterampilan literasi sains siswa pada materi perubahan lingkungan

Fatimah, Liya Nur (2022) Pengaruh pendekatan Science-Technology-Engineering Arts-Mathematics (STEAM) terhadap keterampilan literasi sains siswa pada materi perubahan lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan Science-Technology-Engineering-Arts-Mathematics (STEAM) terhadap keterampilan literasi sains pada materi perubahan lingkungan. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan bentuk pretest-posttest nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, soal essay dengan indikator keterampilan literasi sains, lembar asesmen kinerja produk, dan angket pernyataan. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling terdiri dari 35 siswa kelas eksperimen dan 35 siswa kelas kontrol dari salah satu SMA Plus di Kabupaten Sumedang. Data hasil penelitian berupa nilai rata-rata keterampilan literasi sains siswa pada kelas eksperimen yaitu 85,43. Nilai tersebut lebih besar dari pada nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol yaitu 81,62. Perolehan nilai N-gain secara keseluruhan pada kelas eksperimen berada pada kriteria tinggi dengan nilai 0,72 sedangkan kelas kontrol berada pada kriteria sedang dengan nilai N-gain 0,67. Penelitian ini menunjukan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil uji-t dengan aplikasi SPSS menunjukan nilai Sig.2-tailed sebesar 0,000 < 0,05 artinya terdapat berbedaan keterampilan literasi sains siswa antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Kesimpulan penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran Sains, Technology, Engeenering, Arts, Mathematics (STEAM) dapat berpengaruh terhadap keterampilan literasi sains siswa pada materi perubahan lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Literasi Sains; STEAM; Perubahan Lingkungan;
Subjects: Education, Research
Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Liya Nur Fatimah
Date Deposited: 22 Sep 2022 01:49
Last Modified: 22 Sep 2022 01:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57703

Actions (login required)

View Item View Item