Pengaruh model pembelajaran Gallery Walk berbasis pendekatan Inquiry Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi ekosistem : Penelitian quasi eksperiment pada siswa kelas X MIA SMA Plus Al-Aqsha

Dewi, Imelia Fitria (2022) Pengaruh model pembelajaran Gallery Walk berbasis pendekatan Inquiry Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi ekosistem : Penelitian quasi eksperiment pada siswa kelas X MIA SMA Plus Al-Aqsha. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan untuk memunculkan gagasan baru yang bersifat unik serta dapat menemukan cara penyelesaian suatu masalah dengan menggabungkan pengetahuan yang sebelumnya telah dimiliki siswa. Berdasarkan observasi dilapangan, dalam proses pembelajaran siswa seringkali kurang aktif serta kurangnya motivasi dalam belajar sehingga ketuntasan belajar kurang dari 50%. Sehingga diperlukan pembelajaran yang mampu melibatkan siswa dalam proses pembelajaran agar siswa menjadi lebih aktif dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa , maka digunakan model gallery walk berbasis pendekatan inquiry learning. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model gallery walk berbasis pendekatan inquiry learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Kelas X MIA I sebagai kelas eksperimen dan X MIA II sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah seperangkat tes kemampuan berpikir kreatif, angket dan lembar observasi. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Pengumpulan data diperoleh dari test dengan jumlah 10 soal essay untuk pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0.73 lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 0.51. Hasil uji t menunjukan bahwa data yang dihasilkan sesuai dengan kriteria yaitu thitung(5.53) > ttabel(1.99) dengan taraf signifikan 5% artinya H0 ditolak dan H1 diterima, dapat disimpulkan bahwa model gallery walk berbasis pendekatan inquiry learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif; Model Gallery Walk; Pendekatan Inquiry Learning; Ekosistem
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Imelia Fitria Dewi
Date Deposited: 22 Sep 2022 05:06
Last Modified: 22 Sep 2022 05:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57702

Actions (login required)

View Item View Item