Efektivitas penggunaan media sosial Instagram Detik.com terhadap pemenuhan kebutuhan informasi bagi mahasiswa : Studi deskriptif kuantitatif akun @detik.com pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Hidayah, Nenden Mega (2022) Efektivitas penggunaan media sosial Instagram Detik.com terhadap pemenuhan kebutuhan informasi bagi mahasiswa : Studi deskriptif kuantitatif akun @detik.com pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi (3) (1).pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan media sosial kini digandrungi oleh berbagai lapisan masyarakat, termasuk kalangan mahasiswa. Para mahasiswa sering sekali mengkases media sosial karena membutuhkan informasi. Keberagaman informasi tersebut dapat diakses melalui Instagram. Salah satunya melalui Instagram Detik.com yang menyajikan dan mengomunikasikan pesan atau berita dalam hitungan yang sangat cepat. Penelitian ini memiliki tiga tujuan sebagai berikut: 1) mengetahui efektivitas penggunaan media sosial Instagram Detik.com terhadap pemenuhan kebutuhan informasi bagi mahasiswa UIN Bandung; 2) mengetahui faktor apa saja yang memengaruhi mahasiswa dalam menggunakan media sosial Instagram; 3) mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan para mahasiswa UIN Bandung terhadap penggunaan media sosial Instagram pada akun Detik.com. Teori yang digunakan ialah Uses and Gratifications yang diperkenalkan pertama kali oleh Herbert Blumer, Elihu Katz, dan Michael Gurevitch tahun 1974. Asumsi teori ini ialah pengguna media mempunyai peran aktif dalam memilih dan menggunakan media untuk memenuhi kebutuhannya. Teori ini dipilih karena relevan dengan penelitian ini yang ingin melihat bagaimana tingkat efektivitas penggunaan media sosial Instagram yang dilakukan oleh mahasiswa UIN Bandung dalam pemenuhan kebutuhannya, seperti pemenuhan kebutuhan informasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggambarkan hasil penelitian sesuai dengan data yang telah diperoleh. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling yakni purposive sampling, sehingga didapat sebanyak 64 responden dari total 405 populasi dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah observasi, studi kepustakaan dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji hipotesis, uji koefisien determinasi dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tingkat efektivitas penggunaan media sosial Instagram Detik.com bagi pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa dinilai efektif dengan kategori yang sedang, dan variabel efektivitas penggunaan media sosial Instagram dengan variabel pemenuhan kebutuhan informasi mempunyai hubungan yang sempurna. Faktor yang memengaruhi mahasiswa UIN Bandung dalam menggunakan media sosial Instagram yaitu karena informasi dapat dengan mudah dan cepat di dapat. Adapun faktor lainnya, yaitu untuk memenuhi kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, kebutuhan integratif sosial, dan kebutuhan pelepasan ketegangan. Pada tingkat kepuasan dalam penggunaan media sosial Instagram Detik.com dinilai cukup tinggi berdasarkan hasil persentase sebesar 48,4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Media Sosial; Instagram; Pemenuhan Kebutuhan Informasi.
Subjects: Use of Other Information Media
Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Nenden Mega Hidayah
Date Deposited: 22 Sep 2022 01:41
Last Modified: 22 Sep 2022 01:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57695

Actions (login required)

View Item View Item