Pengaruh model Guided Discovery berbantuan media pembelajaran berbasis Booklet terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sistem reproduksi kelas XI SMA : Penelitian quasi eksperimen di SMAN 2 Indramayu

Wulan, Hafizhun Anandhita (2022) Pengaruh model Guided Discovery berbantuan media pembelajaran berbasis Booklet terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sistem reproduksi kelas XI SMA : Penelitian quasi eksperimen di SMAN 2 Indramayu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran biologi materi sistem reproduksi cenderung terpusat pada guru berpengaruh terhadap rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Siswa terlihat enggan untuk mengemukakan pertanyaan/pendapat dan sulit dalam mengembangkan ide. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran guided discovery berbantuan media booklet terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di salah satu SMA di Indramayu. Penelitian ini merupakan Quasi-Eksperimental dengan pre-test post-test nonequivalent control design. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster randomly sampling sehingga sampelnya adalah X1 MIPA 1 (kelas eksperimen) dan XI MIPA 3 (kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan model guided discovey berbantuan booklet memiliki rata-rata pre-test 41 dan post-test 82. Sedangkan pada kelas tanpa menggunakan model guided discovey berbantuan booklet memiliki rata-rata pre-test 31 dan post-test 56. Hasil Uji Independent Sample T-Test menggunakan aplikasi SPSS versi 26 menunjukkan nilai signifikasi dari kelas eksperimen dan kelas kontrol lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model guided discovery berbantuan media berbasis booklet terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sistem reproduksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Guided Discovery; Booklet; Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Hafizhun Anandhita Wulan
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:35
Last Modified: 22 Sep 2022 04:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57694

Actions (login required)

View Item View Item