Hubungan manajemen unit usaha dengan citra Pondok Pesantren modern : Penelitian pada Pondok Modern Darussalam Gontor Se-Indonesia

Munsyawy, Muhammad Shiddiq (2022) Hubungan manajemen unit usaha dengan citra Pondok Pesantren modern : Penelitian pada Pondok Modern Darussalam Gontor Se-Indonesia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy

Abstract

Kiprah dan peran pesantren dalam kancah sosial ekonomi tidak dapat dipandang sebelah mata dengan melihat jumlah pesantren di Indonesia menurut data kementrain agama tahun 2020 mencapai 27.722 pesantren dengan jumlah santri 4.173.466. Tetapi hanya terdapat 5% (1.400) unit usaha yang dimiliki oleh pondok pesantren. Sangat disayangkan sudah banyak unit usaha pondok pesantren yang tidak bisa dikembangkan dengan baik sehingga unit usaha tersebut harus gulung tikar. Pola manajemen yang diberlakukan dalam aktivitas perekonomian pondok terkait perencanaan, pengambilan keputusan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian yang ada di Pesantren masih terlalu sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengidentifikasi Manajemen Unit Usaha di Pondok Pesantren Modern; (2) mengetahui Citra Pondok Pesantren Modern; dan (3) menganalisis dan membuktikan adanya Hubungan Manajemen Unit Usaha dengan Citra Pondok Pesantren Modern.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode korelasional. Data pada penelitian ini diperoleh melalui penyebaran angket dengan data interval model skala likert yang terdiri dari empat jawaban pilihan kepada 42 responden. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Unit Usaha mempunyai hubungan yang signifikan terhadap Citra Pondok Pesantren di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor se-Indonesia, nilai Sig. (2-tailed) antara variabel X dengan variabel Y adalah sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. secara keseluruhan adanya hubungan yang signifikan antara Manajemen Unit Usaha (X) dengan Citra Pondok Pesantren Modern di Darussalam Gontor karena berdasarkan Nilai r hitung (Pearson Correlation): Diketahui nilai r hitung untuk hubungan Variabel X dengan Variabel Y adalah sebesar 0,661 > r table 0,304, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan atau korelasi antara variabel X dengan variabel Y. Karena r hitung atau Pearson Correlation dalam analisis ini bernilai positif maka itu artinya hubungan antara kedua variabel tersebut bersifat positif atau dengan kata lain semakin meningkatkan Manajemen Unit Usaha dengan Citra Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor. Kemudian erdasarkan nilai r hitung ((Pearson Correlation) yaitu 0,661 yang diperoleh maka kriteria kekuatan hubungan antara variabel X dan variabel Y mempunyai hubungan yang besar atau kuat. Adapun hubungan kedua variabel tersebut searah dan memiliki arti bahwa semakin tinggi manajemen unit usaha maka semakin tinggi pula citra pondok pesantrennya. Kemudian dilihat dari hasil koefisiensi determinasi diperoleh (Adjusted R square) sebesar 0,422 bermakna bahwa kontribusi variabel manajemen unit usaha terhadap citra pondok pesantren modern adalah 42,2%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Unit Usaha; Citra; Pondok Pesantren Modern
Subjects: Cooperative > Cooperative of Indonesia
Business > Education, Research, Related Topics of Business
Business > Personal Success in Business
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Munsyawy Muhammad
Date Deposited: 26 Sep 2022 01:54
Last Modified: 26 Sep 2022 01:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57687

Actions (login required)

View Item View Item