Pengaruh permainan edukasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap prestasi belajar siswa di SLB BC Hikmat Bandung

Milla Addawiyah, Asy-Syifa (2022) Pengaruh permainan edukasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap prestasi belajar siswa di SLB BC Hikmat Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Anak berkebutuhan khusus dan bersekolah di SLB, mereka memiliki kebutuhan yang sama dalam pendidikan namun membutuhkan pelayanan yang khusus dalam proses pembelajarannya. Salah satunya menggunakan permainan, permainan merupakan hal yang biasa dilakukan oleh anak-anak dan permainan ini cenderung menjadi hal yang membahagiakan atau menyenangkan bagi anak-anak ataupun orang dewasa. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB BC Hikmat selama ini, yang diberikan hanya dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan baik secara individu maupun kelompok. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terasa membosankan, tidak menarik dan menyebabkan siswa tidak paham dengan materi yang disampaikan, ditemukan beberapa siswa tidak berminat untuk aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan permainan edukasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB BC Hikmat, mengetahui prestasi kognitif belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB BC Hikmat, dan untuk mengetahui pengaruh permainan edukasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SLB BC Hikmat. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran prestasi belajar siswa yang dipengaruhi oleh berbagai factor, diantaranya factor eksternal yang berasal dari factor sekolah terkait dengan metode yang digunakan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah adanya pengaruh permainan edukasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa di SLB BC Hikmat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Responden dari penelitian ini ialah sebanyak 20 siswa tunarungu di SMPLB Hikmat Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya angket, tes, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji instrument data, analisis parsial perindikator, uji normalitas, uji hipotesis, dan analisis korelasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh permainan edukasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar kognitif siswa tunarungu memiliki pengaruh yang positif. Dengan nilai korelasi 0,523, bila dihubungkan dengan pedoman interpretasi koefisien determinan dengan r hitung = 0,523, maka koefisien determinasinya sebesar 27,3% yang berada pada rentang 17% - 48% memiliki tingkat hubungan “Cukup Tinggi” dari variabel permainan edukasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan sisanya 72,7% pengaruh dari variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Permainan edukasi; Pendidikan Agama Islam; Prestasi belajar; Anak berkebutuhan khusus;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asy-Syifa Milla Addawiyah
Date Deposited: 22 Sep 2022 00:47
Last Modified: 22 Sep 2022 00:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57648

Actions (login required)

View Item View Item