Strategi pengelolaan dana ZIS dalam membantu perekonomian umat pada masa pandemi Covid-19 : Penelitian di BAZNAS Kabupaten Kuningan, Jawa Barat

Hasanah, Sega Dini (2022) Strategi pengelolaan dana ZIS dalam membantu perekonomian umat pada masa pandemi Covid-19 : Penelitian di BAZNAS Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (941kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy

Abstract

Pengelolaan zakat, infak, dan shodaqoh (ZIS) memerlukan ilmu dan ketrampilan manajemen, dengan adanya keterampilan manajemen kegiatan pengelolaan dana ZIS dapat terencana, terorganisir, dan terealisasi dengan tepat. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) memiliki fungsi sebagai lembaga pengatur pengelolaan dana ZIS yang mampu memanfaatkan secara maksimal untuk kesejahteraan umat. BAZNAS Kab. Kuningan memiliki peran dalam menangani permasalahan perekonomian pada umat. Adanya pandemi Covid-19 memberikan dampak yang negatif pada aspek sosial dan ekonomi masyarakat. Untuk membantu dan mensejahterakan umat sebagai dampak dari pandemi BAZNAS Kab. Kuningan melakukan pengelolaan dana secara efektif dan efisien dengan mengembangkan pada strategi, gagasan inovatif dan manajemennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan BAZNAS Kab. Kuningan dalam proses penghimpunan dana ZIS, proses pendistribusian dana ZIS dalam penyalurannya kepada mustahik, dan pengelolaan dana ZIS dalam membantu perekonomian umat pada masa pandemi Covid-19. Pengelolaan merupakan ilmu manajemen yang berhubungan dengan proses mengurus dan menangani sesuatu untuk mewujudkan tujuan tertentu. Penghimpunan adalah proses mempengaruhi masyarakat atau calon donatur agar menyalurkan dana atau sumber dayanya. Pendistribusian adalah penyaluran barang-barang dan sebagainya kepada orang banyak atau beberapa tempat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dan paradigma konstruktivisme. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data melalui observasi non partisipan, dokumentasi, dan interview. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan yang dilakukan BAZNAS Kabupaten Kuningan pada saat pandemi Covid-19 itu: 1) Penghimpunan pada masa Pandemi Covid-19 itu a) membuat Campaign b) Memfokuskan pembayaran melalui virtual account bank dan mengembangkan pembayaran digital Qris. 2) Pendistribusian BAZNAS Kab. Kuningan dalam membantu perekonomian umat direalisasikan dengan program unggulan BAZNAS, KUDUHA CERMAT dengan penanganan kesehatan, pemberian sembako dan santunan pada masyarakat, bantuan modal usaha, dan pemberian dana pendidikan. Pendistribusian pada masa pandemi Covid-19 dengan pengalihan anggaran untuk memfokuskan penyaluran masyarakat yang terdampak pandemi. 3) Strategi pengelolaan BAZNAS Kab. Kuningan pada masa pandemi yaitu mentaati kebijakan pemerintah dengan melakukan koordinasi, karena kondisi dan proses didasarkan pemetaan dari pemerintah. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu BAZNAS dinilai telah berhasil dalam meningkatkan perekonomian umat, dilihat dari sudah meratanya penyaluran dana ZIS ke seluruh program BAZNAS Kab. Kuningan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pengelolaan; BAZNAS; Pandemi; Covid-19; Membantu Perekonomian Umat
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Sega Dini Hasanah
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:56
Last Modified: 22 Sep 2022 04:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57645

Actions (login required)

View Item View Item