Hubungan antara kegiatan prakarya dalam menggunakan media Loose Part dengan perkembangan kreativitas anak usia dini : Penelitian di Kelompok B RA As-Syafi’iyah kabupaten Subang

Nayren, Jazilah (2022) Hubungan antara kegiatan prakarya dalam menggunakan media Loose Part dengan perkembangan kreativitas anak usia dini : Penelitian di Kelompok B RA As-Syafi’iyah kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pembelajaran kreativitas pada kelompok B RA As-Syafi’iyah masih bersifat monoton. Untuk menstimulasi kreativitas anak, pendidik dapat memberikan kegiatan anak yang menarik dan menyenangkan salah satunya adalah kegiatan prakarya dalam menggunakan media loose part. Kegiatan prakarya menggunakan media loose part akan menciptakan suatu pembelajaran yang unik, menarik dan dapat menstimulasi kreativitas anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kegiatan prakarya dalam menggunakan media loose part di kelompok B RA As-Syafiiyah Kabupaten Subang, (2) perkembangan kreativitas anak usia dini di kelompok B RA As-Syafiiyah Kabupaten Subang, (3) hubungan antara kegiatan prakarya dalam menggunakan media loose part dengan perkembangan kreativitas anak usia dini di kelompok B RA As-Syafiiyah Kabupaten Subang. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif dan pendakatan yang digunakan adalah korelasi product moment. Subjek penelitian adalah kelompok B RA As-Syafiiyah dengan jumlah sempel 18 anak. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kegiatan prakarya dalam menggunakan media loose part di kelompok B RA As-Syafi’iyah Kabupaten Subang memiliki nilai rata-rata 79 berada pada interval 70-89 yang mempunyai kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Perkembangan kreativitas anak usia dini di kelompok B RA As-Syafi’iyah Kabupaten Subang memiliki nilai rata-rata 74 berada pada interval 70-89 yang memiliki kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Hasil analisis korelasi product moment, yang diperoleh hasil korelasi r hitung 0,691, pada taraf signifikan 5% diperoleh hasil 0,691 > 0,468, nilai rhitung berada pada interval 0,60-0,799 tingkat hubungan yang kuat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kegiatan prakarya dalam menggunakan media loose part dengan perkembangan kreativitas anak usia dini di kelompok B RA As-Syafi’iyah Kabupaten Subang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Prakarya; Media Loose Part; Kreativitas Anak Usia Dini
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Jazilah Nayren
Date Deposited: 30 Sep 2022 04:32
Last Modified: 30 Sep 2022 04:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57616

Actions (login required)

View Item View Item