Pemanfaatan infografis dalam penyajian berita daring : Studi deskriptif infografis Detik.com

Avianisa, Inayah (2022) Pemanfaatan infografis dalam penyajian berita daring : Studi deskriptif infografis Detik.com. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi yang terus berkembang membuat informasi semakin mudah di dapat. Pada era jurnalisme online pembuatan berita mengedepankan konten dan cara penyajian yang menarik. Seperti salah satunya infografis, infografis merupakan informasi yang dikemas dalam bentuk grafis gambar yang menarik dan mudah dipahami. Infografis dianggap menjadi salah satu cara menyampaikan informasi jauh lebih menarik perhatian masyarakat. Detik.com sebagai salah satu media yang memanfaatkan penggunaan infografis dalam menyebarkan informasi agar terlihat menarik dan mudah dipahami oleh masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pengemasan infografis di media Detik.com, pemanfaatan infografis yang dilakukan oleh media Detik.com, dan untuk mengetahui upaya media Detik.com dalam menyampaikan pesan yang informatif melalui infografis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan tersebut dirasa cocok untuk menjawab masalah sesuai dengan fenomena diatas. Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan teknik wawancara dengan kriteria narasumber yang sudah ditetapkan dan observasi. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme, paradigma tersebut berusaha menafsirkan pemikiran sesorang dengan mendengarkan langsung dari objek yang diteliti malalui teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa Detik.com memanfaatkan infografis untuk kepentingan umum dalam sajian informasinya. Terutama pada featurenews, berita finansial ekonomi, berita berita politik dan penyajian seluruh konten berita di setiap kanalnya. Dengan memperhatikan Proses pengemasan infografis di media Detik.com dibuat dengan konsep yang matang serta komunikasi yang terus berjalan antara tim redaksi dan tim desain. Selain itu media Detik.com memegang prinsip news value (nilai berita) yang diterapkan dalam sajian masing masing kontennya agar berita yang dikemas melalui infografis dapat tersajikan secara baik dan informatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berita Daring; Infografis; Detik.com;
Subjects: Use of Other Information Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Inayah Avianisa
Date Deposited: 21 Sep 2022 08:38
Last Modified: 21 Sep 2022 08:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57606

Actions (login required)

View Item View Item