Pemberdayaan anak asuh melalui program pengembangan keterampilan kecakapan hidup : Studi deskriptif di Rumah Anak Asuh Yayasan Bening Nurani Tanjungsari-Sumedang

Nurlaila, Tsani Siti (2022) Pemberdayaan anak asuh melalui program pengembangan keterampilan kecakapan hidup : Studi deskriptif di Rumah Anak Asuh Yayasan Bening Nurani Tanjungsari-Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (699kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang dihadapi oleh keluarga yang kurang mampu dalam memenuhi hak dan kebutuhan anak yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti kemiskinan, kematian dan kurangnya ilmu pengetahuan. Hal tersebut, mengakibatkan keputusasaan anak karena kesejahteraannya tidak dapat terwujud. Maka dari itu, melalui Rumah Anak Asuh Yayasan Bening Nurani yang berperan sebagai Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) menjadi jembatan bagi anak untuk mewujudkan kesejahteraan hidupnya dengan pemberdayaan anak asuh melalui program pengembangan keterampilan kecakaan hidup yang dilakukan oleh Rumah Anak Asuh Yayasan Bening Nurani. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan serta hasil dari pemberdayaan anak asuh melalui program pengembangan keterampilan kecakapan hidup yang dilaksanakan di Rumah Anak Asuh Yayasan Bening Nurani Tanjungsari-Sumedang. Landasan teoritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemberdayaan yang dikemukakan oleh Edi Suharto. Teori ini menjelaskan bahwa pemberdayaan merupakan suatu proses dan tujuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi deskripstif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara serta observasi secara langsung dilapangan mengenai program pengembangan keterampilan kecakapan hidup di Rumah Anak Asuh Yayasan Bening Nurani. Hasil temuan dilapangan menunjukkan bahwa: Program Kecakapan hidup di Rumah Anak Asuh Yayasan Bening Nurani meliputi berbagai macam bidang mulai dari keagamaan, seni budaya, lingkungan, dan ekonomi. Dalam prosesnya penerapan program keterampilan kecakapan hidup di Rumah Anak Asuh Yayasan Bening Nurani ini dibuat dalam berbagai bentuk, diantaranya keterampilan kecakapan hidup yang bersifat umum dan keterampilan kecakapan hidup yang bersifat khusus. Anak asuh dapat mengembangkan potensi dan kemampuan yang mereka dimiliki juga dapat mengubah pola pikir dan perilaku mereka kearah yang lebih positif dan bermanfaat. Sehingga banyak alumni anak asuh Yayasan Bening Nurani yang telah bekerja di berbagai bidang ada yang menjadi seorang guru, pekerja kantor dan wirausahawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Anak Asuh; Kecakapan Hidup
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Social Groups > Social Classes
Communities > Specific Kinds of Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Tsani Siti Nurlaila
Date Deposited: 21 Sep 2022 05:38
Last Modified: 21 Sep 2022 05:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57599

Actions (login required)

View Item View Item