Peran Kepala Desa Cimacan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat: Penelitian di Desa Cimacan Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur

Azzahra, Nur Winda (2022) Peran Kepala Desa Cimacan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat: Penelitian di Desa Cimacan Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy

Abstract

Prekonomian menjadi salah satu aspek yang penting dalam kehidupan masyarakat, oleh karena itu masyarakat menjadi peran utama dalam menciptakan kesejahteraan, pada dasarnya masyarakatlah yang tahu apa yang mereka butuhkan dengan disadarkan dan diperhatikan oleh Pemerintah Desa. Dalam memenuhi kebutuhan yang diharapkan maka dibuatlah program pemberdayaan diantaranya wisata alam, pelatihan hidroponik dan pelatihan serta pengembangan UMKM sebagai upaya pemberdayaan masyarakat dalam bidang prekonomian. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Program Kepala Desa Cimacan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat (2) Proses Kepala Desa Cimacan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat (3) Hasil yang dilakukan Kepala Desa Cimacan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Teori yang digunakan yaitu teori peningkatan ekonomi oleh Usman dan Enny (1991) Upaya-upaya dalam meningkatkan ekonomi masyarakat yaitu, dengan empat cara diantaranya: (1) adanya modal yakni untuk memberikan bantuan dalam membangun produksi usaha bagi orang yang tidak mampu ekonominya, (2) memiliki keterampilan yakni membantu untuk seseorang dalam menentukan usaha produksinya, (3) menguasai teknologi yakni membantu seseorang untuk mempermudah produksi usaha maupun pemasaran (4) memeiliki lahan usaha yakni untuk mendirikan suatu usaha yang akan dijalani Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks pemberdayaan masyarakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran Kepala Desa Cimacan dalam program pemberdayaan masyarakat diantaranya sebagai sumber inovasi, pembina, komunikator dan fasilitator melalui program wisata alam, pelatihan hidroponik dan pelatihan serta pengembangan UMKM serta pemberian bantuan fasilitas. Proses pelaksanaan melaui tahap pendampingan, tahap pelaksanaan hingga monitoring dan evaluasi. Hasil pemberdayaan dapat meningkatkan wawasan dan ilmu baru bagi masyarakat, timbulnya partisipasi masyarakat terhadap kegiatan serta meningkatkan ekonomi masyarakat walaupun belum siginifikan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Kepala Desa Cimacan sangat berperan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat walaupun belum maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Kepala Desa; Meningkatkan Ekonomi
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Econmics
Social Welfare, Problems and Services
Field and Plantation Crops
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nur Winda Azzahra
Date Deposited: 21 Sep 2022 05:27
Last Modified: 21 Sep 2022 05:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57562

Actions (login required)

View Item View Item