Pengaruh gaya kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja guru dan prestasi siswa : Penelitian di SMA Plus Ulumul Quran Al Mustofa Kec. Pamulihan Sumedang

Augusty, Khaerul (2022) Pengaruh gaya kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja guru dan prestasi siswa : Penelitian di SMA Plus Ulumul Quran Al Mustofa Kec. Pamulihan Sumedang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy

Abstract

Kepala sekolah sebagai pemimpin dalam satuan pendidikan berperan dan bertanggung jawab memimpin, mengorganisir, memantau, membina juga memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Dari konsep gaya kepemimpinan yaitu sikap dan tindakan yang dilakukan pemimpin dalam menghadapi guru diharapkan mampu mempengaruhi guru melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Selain kinerja guru, gaya kepemimpinan kepala sekolah memainkan peranan yang cukup signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Dengan kepemimpinan yang efektif dapat memberikan pengaruh pada tingkat kinerja seseorang. Namun pada kenyataan, menunjukan bahwa kinerja guru dan prestasi belajar siswa dalam belajar di SMA Plus Ulumul Quran Al Mustofa masih rendah yang disebabkan : 1 kurangnya sistem pengontrolan kepala Sekolah, 2 banyaknya guru yang mengajar di tempat lain 3 banyaknya guru yang terlambat datang ke Sekolah dan 4 sebagian guru tidak membuat RPP ketika mengajar didalam kelas, sehingga guru memberikan materi kepada Siswa kurang maksimal. Hal tersebut adalah salah satu indikator, bahwa kepemimpinan Sekolah di SMA Plus Ulumul Quran Al Mustofa belum optimal. Tujuan penelitian ini yaitu ntuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa, dan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dan prestasi belajar siswa di SMA Plus Ulumul Quran Al Mustofa Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang terdiri dari variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru, dan prestasi belajar siswa. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 19 orang guru dan 30 orang siswa. Sementara untuk uji hipotesis digunakan tekhnik analysis regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru yang dijelaskan dengan hasil nilai signifikansi t-test yang mempunyai besaran 0,019 dengan presentase sebesar 49,5%, sementara presentase tertinggi pada jenis gaya kepemimpinan sebesar 48,4% (2) ada pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa yang dijelaskan dengan hasil nilai signifikansi t-test yang mempunyai besaran 0,001 dengan presentase 39,9%, (3) ada pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dan prestasi belajar siswa yang dijelaskan dengan hasil uji F yang mempunyai besaran nilai signifikansi 0,002. Adapun besaran pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dan prestasi peserta didik sebesar 47,9 % sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Implikasi dari penelitian adalah bahwa perlunya kecakapan dalam bertindak kepala sekolah dan peningkatan kinerja guru, sehingga sudah menjadi keharusan bagi kepala sekolah untuk selalu memperhatikan dan meningkatkan kinerja guna meningkatkan prestasi belajar peserta didik tanpa melupakakan faktor-faktor lain yang juga berpengaruh terhadap kinerja guru dan prestasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah; Kinerja Guru; Prestasi belajar siswa.
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Khaerul Augusty
Date Deposited: 21 Sep 2022 08:04
Last Modified: 21 Sep 2022 08:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57553

Actions (login required)

View Item View Item