Pengaruh manajemen Organisasi Remaja Masjid terhadap peningkatan kegiatan sosial di tengah masyarakat: Penelitian Pada Ikatan Remaja Masjid Nurul Bayan Di Kampung Mande, Desa Sagalaherang Kaler, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang

Hidayah, Widia Hartati (2022) Pengaruh manajemen Organisasi Remaja Masjid terhadap peningkatan kegiatan sosial di tengah masyarakat: Penelitian Pada Ikatan Remaja Masjid Nurul Bayan Di Kampung Mande, Desa Sagalaherang Kaler, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy

Abstract

Manajemen dan organisasi merupakan dua sisi mata uang yang tak terpisahkan. Keberadaan organisasi merupakan wadah bagi manajemen, tetapi manajemen pula yang menentukan gerak dan napas organisasi. Artinya organisasi tidak dapat digerakkan tanpa manajemen dan sebaliknya manajemen hanya dapat diimplementasikan dalam organisasi. Organisasi remaja masjid Nurul Bayan adalah organisasi yang dibentuk oleh pengurus masjid Nurul Bayan yang ada di Desa Sagalaherang Kaler, untuk membantu berperan terhadap peningkatan kegiatan sosial di tengah masyarakat. Lebih dari itu, organisasi remaja masjid Nurul Bayan ikut serta membantu mengawasi dan memberi kebiasaan yang baik bagi remaja Desa Sagalaherang Kaler. Dengan mengisi waktu luang para remaja menggunakan hal-hal positif, yang pastinya melibatkan keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen organisasi remaja masjid Nurul Bayan, kegiatan sosial masyarakat Kampung Mande Kecamatan Sagalaherang dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh manajemen organisasi remaja masjid Nurul Bayan terhadap peningkatan kegiatan sosial di tengah masyarakat Kampung Mande Kecamatan Sagalaherang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Menurut G.R. Terry dikutip dalam buku Riinawati manajemen organisasi adalah aktivitas perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan, dimana semua aktivitas tersebut bertujuan untuk mencapai target organisasi. Kemudian kepedulian dan kegiatan sosial yang dimaksud menurut Zuchdi pada tahun 2011, menjelaskan bahwa peduli sosial merupakan sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Berbagai bentuk kepedulian sosial, salah satunya adalah kegiatan sosial. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif, dengan pengumpulan data menggunakan teknik angket/kuesioner dan observasi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh manajemen organisasi remaja masjid Nurul Bayan terhadap peningkatan kegiatan sosial. Dapat ditarik kesimpulan bahwa memang benar terdapat manajemen yang berjalan dengan efektif dan efisien di dalam organisasi remaja masjid Nurul Bayan, dilihat dari sukses nya setiap acara dengan pembagian tugas setiap divisi yang terlaksana dan terjalinnya kerja sama dengan masyarakat sekitar. Kemudian dapat ditarik kesimpulan juga bahwa memang benar adanya peningkatan dalam hal kegiatan sosial di tengah masyarakat Kampung Mande, dilihat dari banyaknya kegiatan-kegiatan sosial yang terlaksana. Selanjutnya, hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang tinggi atau kuat dengan nilai sebesar 0,562. Maka dapat dikatakan bahwa manajemen Organisasi remaja masjid mampu menjelaskan kegiatan sosial sebesar 56,2% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen organisasi remaja masjid Nurul Bayan berpengaruh positif terhadap kegiatan sosial di tengah masyarakat Sagalaherang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Organisasi; Kegiatan Sosial
Subjects: Islam > Mosques
Islam > Organizations of Islam
General Management > Organizations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Widia Hartati Hidayah
Date Deposited: 22 Sep 2022 01:52
Last Modified: 22 Sep 2022 01:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57544

Actions (login required)

View Item View Item