Analisis penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) no. 106 mengenai pembiayaan akad Musyarakah pada PT. Bank Jabar Banten Syariah KCP Mohammad Toha Bandung

Agustin, Ika (2022) Analisis penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) no. 106 mengenai pembiayaan akad Musyarakah pada PT. Bank Jabar Banten Syariah KCP Mohammad Toha Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy

Abstract

Bank Jabar Banten Syariah Kantor Cabang Pembantu Mohammad Toha Bandung merupakan lembaga keuangan syariah, yang mana dalam proses bisnisnya menggunakan produk yang berdasarkan prinsip syariah seperti akad musyarakah maka dalam hal tersebut Bank Jabar Banten Syariah Kantor Cabang Pembantu Mohammad Toha Bandung memiliki kewajiban untuk sepenuhnya menerapkan standar akuntansi yang berbasis syariah yakni sesuai dengan PSAK No. 106. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) menganalisa pelaksanaan akuntansi musyarakah pada PT. Bank Jabar Banten Syariah KCP. Mohammad Toha Bandung dan (2) untuk menganalisa penerapan akuntansi musyarakah tentang pengakuan, pengukuran, penyajian, pengungkapan pada PT. Bank Jabar Banten Syariah KCP. Mohammad Toha Bandung berdasarkan PSAK No. 106. PSAK 106 merupakan pedoman untuk mengatur pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan atas transaksi musyarakah. Entitas yang menggunakan transaksi musyarakah bagi pihak-pihak yang berakad atau aqidain di haruskan untuk mengikuti pedoman PSAK 106 tentang Akuntansi Musyarakah. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) Data primer yang diperoleh langsung dari lapangan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi; dan (2) Data sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen, artikel-artikel, internet, dan buku-buku yang berhubungan dengan topik penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Penerapan akuntansi pembiayaan musyarakah pada BJBS KCP. Moh. Toha (1) BJB Syariah KCP. Moh. Toha secara keseluruhan sudah optimal dalam pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan laporan keuangan. Hanya saja, ada sedikit perbedaan yang tidak signifikan dimana dalam PSAK 106 akunnya diakui sebagai investasi musyarakah tetapi di BJB Syariah KCP. Moh. Toha akunnya diakui sebagai pembiayaan musyarakah, hal ini menjadi sedikit perbedaan ketika dilapangan dimana lembaga-lembaga keuangan syariah lebih banyak menggunakan dan lebih banyak mengenal akun pembiayaan musyarakah. (2) Berdasarkan hasil analisis dan perbandingan perlakuan akuntansi yang diterapkan BJBS KCP. Moh. Toha secara keseluruhan sudah sesuai dengan Akuntansi Musyarakah PSAK 106 terkait pengakuan, pengungkapan, penyajian, dan pengungkapannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Musyarakah; Akuntansi; PSAK 106
Subjects: Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Accounting for Specific Activities
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Ika Agustin
Date Deposited: 21 Sep 2022 05:40
Last Modified: 21 Sep 2022 05:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57535

Actions (login required)

View Item View Item