Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbasis STEM terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem: Penelitian quasi eksperimen di SMA Negeri 2 Indramayu

Kinantika, Gian Ajeng (2022) Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbasis STEM terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem: Penelitian quasi eksperimen di SMA Negeri 2 Indramayu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis sangat diperlukan di abad 21, namun berdasarkan hasil observasi keterampilan berpikir kritis siswa masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memilih model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis STEM. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa menggunaka model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis STEM pada materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen. Sampel yang digunakan yaitu kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen (24 siswa) dan X IPA 5 sebagai kelas kontrol (24 siswa). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, soal dengan indikator keterampilan berpikir kritis dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) berbasis STEM memiliki kategori sangat baik. Nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,62 dengan kategori sedang dan kelas kontrol 0,52 dengan kategori sedang. Model pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) berbasis STEM berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem terlihat dari hasil perhitungan dengan Paired Sample T-test yaitu 0,000 < 0,05. Hasil perhitungan effect size sebesar 0,686 artinya model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis STEM berpengaruh sedang terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning;STEM;Keterampilan berpikir kritis;Ekosistem;
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Gian Ajeng Kinantika
Date Deposited: 22 Sep 2022 01:47
Last Modified: 22 Sep 2022 01:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57526

Actions (login required)

View Item View Item