Pengaruh net sales dan return on asset terhadap price earning ratio pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Penelitian di PT Tiga Pilar Sejahtera Food TBK periode 2011-2021

Azizah, Ismi (2022) Pengaruh net sales dan return on asset terhadap price earning ratio pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Penelitian di PT Tiga Pilar Sejahtera Food TBK periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK..pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. BAB I.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy

Abstract

Price Earning Ratio merupakan rasio yang digunakan untuk menilai kewajaran harga saham dan dapat memudahkan investor dalam menganalisis kemungkinan yang terjadi dimasa yang akan datang. Naik turunnya nilai Price Earning Ratio dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu Net Sales merupakan hasil penjualan yang telah dikurangi retur, potongan harga serta potongan penjualan lainnya dan Return on Asset merupakan rasio yang menunjukkan kontribusi asset suatu perusahaan dalam menghasilkan laba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) besarnya pengaruh Net Sales secara parsial terhadap Price Earning Ratio, 2) besarnya pengaruh Return on Asset secara parsial terhadap Price Earning Ratio, 3) besarnya pengaruh Net Sales dan Return on Asset secara simultan terhadap Price Earning Ratio pada PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk periode 2011-2021. Kerangka berfikir yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada beberapa pendapat para ahli yang menyatakan bahwa naik turunnya Net Sales dan Return on Asset berpengaruh positif terhadap Price Earning Ratio. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk periode 2011-2021. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi parsial , analisis koralasii berganda, koefesien korelasi, dan analisis hipotesis yaitu uji signifikansi parsial (uji t) dan uji signifikansi simultan (uji F). Hasil Penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut: 1) Pengujian hipotesis Net Sales secara parsial pada PT Tiga Pilar Sejahtera Food TBK periode 2011-2021 tidak berpengaruh signifikan terhadap Price Earning Ratio. Persentase pengaruhnya hanya sebesar 2,8% dan 97,2% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, 2) Pengujian hipotesis Return on Asset secara parsial pada PT Tiga Pilar Sejahtera Food TBK periode 2011-2021 tidak berpengaruh signifikan terhadap Price Earning Ratio. Persentase pengaruhnya hanya sebesar 0,5% dan 99,5% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, 3) Pengujian hipotesis Net Sales dan Return on Asset secara simultan pada PT Tiga Pilar Sejahtera Food TBK periode 2011-2021 tidak berpengaruh signifikan terhadap Price Earning Ratio. Persentase pengaruhnya hanya sebesar 3,6% dan 96,4% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Net Sales; Return on Asset; Price Earning Ratio
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
General Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: ismi azizah
Date Deposited: 21 Sep 2022 00:57
Last Modified: 21 Sep 2022 00:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57505

Actions (login required)

View Item View Item