Peran ibu rumah tangga dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga : Studi deskriptif di Desa - Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut

Febriani, Maya (2022) Peran ibu rumah tangga dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga : Studi deskriptif di Desa - Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy

Abstract

Pada kehidupan keluarga di Desa - Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut saat ini, masih terdapat keluarga yang belum dikatakan sejahtera yang disebabkan oleh penghasilan suaminya yang rendah. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut menuntut seorang ibu rumah tangga tidak hanya mengerjakan pekerjaan di dalam rumah melainkan juga melakukan pekerjaan di luar rumah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: pertama, peran ibu rumah tangga dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Kedua, faktor pendorong dan penghambat ibu rumah tangga dalam menjalankan perannya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Ketiga, kesejahteraan keluarga di Desa - Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori fungsional tentang gender dari Talcott Parsons guna mengkaji peran ibu rumah tangga dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di Desa - Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut. Teori ini menyatakan bahwa masyarakat terdiri dari beberapa bagian yang saling memengaruhi serta pada teori ini juga mengakui mengenai segala perbedaan maupun perubahan dalam kehidupan sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk memberikan gambaran secara menyeluruh mengenai peran ibu rumah tangga dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di Desa – Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut. Teknik pengumpulan data melalui proses observasi, wawancara, serta studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui proses reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran ibu rumah tangga dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga yaitu dalam pemenuhan kebutuhan dasar, pemenuhan kebutuhan psikologis, dan pemenuhan kebutuhan pengembangan. Faktor pendorong ibu rumah tangga dalam menjalankan perannya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga yaitu karena faktor ekonomi sebagai pencari nafkah utama maupun sebagai pencari nafkah pendukung, cita-cita, menyalurkan bakat maupun keterampilan, serta ingin lebih mandiri dan faktor penghambat ibu rumah tangga dalam menjalankan perannya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga yaitu dalam membagi waktu, ekonomi, serta komunikasi. Kesejahteraan keluarga di Desa - Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut dibandingkan dengan desa-desa lainnya yang ada di Kecamatan Cisompet saat ini sudah termasuk sejahtera, karena Desa Cisompet termasuk desa mandiri serta tidak terlepas dari peran dari ibu rumah tangga dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ibu Rumah Tangga; Kesejahteraan Keluarga; Peran
Subjects: Culture and Institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Maya Febriani
Date Deposited: 21 Sep 2022 05:27
Last Modified: 21 Sep 2022 05:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57502

Actions (login required)

View Item View Item