Penerapan strategi Reading Aloud pada mata pelajaran PAI untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar kognitif siswa : Penelitian di kelas VIII SMP Muhammadiyah

Setiawan, Iwan (2022) Penerapan strategi Reading Aloud pada mata pelajaran PAI untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar kognitif siswa : Penelitian di kelas VIII SMP Muhammadiyah. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy

Abstract

SMP Muhammadiyah merupakan sekolah swasta yang sudah berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh siswa. Namun realitanya masih ada masalah dalam pembelajaran PAI, yaitu rendahnya minat belajar dan hasil belajar kognitif. Hal ini ditunjukan dengan siswa yang malas-malasan, dan rendahnya hasil belajar kognitif, dari 40 siswa hanya 30% yang mencapai KKM dan 70% di bawah KKM. Dari masalah tersebut peneliti menawarkan solusi menggunakan strategi reading aloud sebagai usaha untuk meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian ini diantaranya untuk mengetahui: 1) penerapan strategi reading aloud dapat meningkatkan minat belajar siswa, 2) penerapan strategi reading aloud dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, 3) perbedaan minat belajar siswa yang diajarkan menggunakan strategi reading aloud dan metode ceramah 4), perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang diajarkan menggunakan strategi reading aloud dan metode ceramah 5) respon siswa terhadap penerapan strategi reading aloud pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Cipanas Cianjur. Penelitian ini didasarkan pada asumsi teori bahwa Reading aloud merupakan metode membaca paling efektif untuk anak-anak, karena metode ini bisa mengondisikan otak anak untuk merasakan bahwa membaca adalah aktivitas yang menyenangkan. Implementasi reading aloud pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi sejarah merupakan salah satu strategi yang efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitiannya quasy eksperimen nonequivalent control grup design yaitu penelitian yang dilakukan dengan melihat perbedaan diantara kelompok eksperimen kelas VIII A dan kelompok kelas keontrol kelas VIII B. Teknik pengumpulan data utamanya adalah angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diantaranya; (1) Minat belajar siswa setelah diterapkan stategi reading aloud berada pada kategori baik dengan rata-rata minat 82,2%, angka tersebut berada pada interval > 80%. (2) Hasil post tes menunjukan bahwa hasil belajar kognitif siswa pada kategori sangat baik setelah diterapkan strategi reading aloud dengan rata-rata sebesar 85,7 berada pada interval > 80. (3) Perbedaan minat belajar siswa yang diajarkan menggunakan strategi Reading aloud dengan minat belajar siswa yang menggunakan metode ceramah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Cipanas Cianjur lebih tinggi minat belajar kelas yang menggunakan strategi reading aloud, hal tersebut didasarkan pada hasil uji ANOVA menunjukan nilai F = 408.128 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. (4) Hasil belajar kognitif siswa yang diajarkan menggunakan strategi Reading Aloud dan metode ceramah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Cipanas Cianjur lebih tinggi hasil nilai belajar kognitif yang diajarkan menggunakan strategi reading aloud, hal terebut didasarkan pada hasil uji ANOVA menunjukan nilai F = 157.326 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. (5), Respon siswa terhadap penerapan strategi reading aloud pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Cipanas Cianjur sangat positif, dengan rata-rata respon sebesar 80,4% angka tersebut berada pada interval > 80%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, direkomendasikan agar strategi reading aloud digunakan dalam pelajaran PAI untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Reading Aloud; Pelajaran PAI; Minat Belajar; Hasil Belajar Kognitif; Siswa
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iwan Setiawan
Date Deposited: 20 Sep 2022 06:35
Last Modified: 20 Sep 2022 06:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57495

Actions (login required)

View Item View Item