Analisis muatan literasi sains pada buku tematik siswa kelas III SD/MI tema 1 "Makhluk Hidup" kurikulum 2013 edisi revisi 2018 terbitan Kemendikbud

Komala, Wida (2022) Analisis muatan literasi sains pada buku tematik siswa kelas III SD/MI tema 1 "Makhluk Hidup" kurikulum 2013 edisi revisi 2018 terbitan Kemendikbud. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy

Abstract

Literasi sains merupakan salah satu aspek penting yang harus dikuasai, karena didalamnya membahas tentang kehidupan manusia dan alam, sehingga literasi sains dapat dimanfaatkan untuk mencari cara dalam menyelesaikan masalah di kehidupan. Literasi sains dapat ditemukan pada komponen yang terdapat di pembelajaran IPA kurikulum 2013. Kurikulum 2013 menggunakan sistem pembelajaran tematik yang identik dengan penggunaan buku tematik sebagai pedoman siswa untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek literasi sains yang terdapat pada buku tematik siswa kelas III SD/MI tema 1 “Makhluk Hidup” kurikulum 2013 edisi revisi 2018 terbitan kemendikbud dan mendeskripsian kesesuaiannya dengan karakteristik dan kebutuhan siswa SD/MI di kelas rendah. Aspek literasi sains yang dianalisis meliputi: 1) aspek sains sebagai batang tubuh ilmu pengetahuan; 2) aspek sains sebagai jalan untuk menyelidiki; 3) aspek sains sebagai cara untuk berpikir; dan 4) aspek interaksi sains, teknologi dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang menganalisis konten berupa buku dengan sumber primer buku tematik siswa kelas III tema 1 “Makhluk Hidup” kurikulum 2013 edisi revisi 2018 terbitan kemendikbud dan sumber sekunder berupa referensi yang mendukung penelitian baik berupa jurnal, buku, maupun sumber lainnya yang berhubungan dengan literasi sains dan karakteristik serta kebutuhan siswa SD/MI di kelas rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik dokumentasi dan instrumen dengan teknik analisis data model Milles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan pemeriksaan/verifikasi data serta kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada buku tematik siswa kelas III SD/MI tema 1 “Makhluk Hidup” memiliki aspek-aspek literasi sains. Namun proporsinya masih belum seimbang, sehingga terdapat aspek yang lebih dominan yaitu aspek sains sebagai batang tubuh ilmu pengetahuan. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya kesesuaian aspek literasi sains yang terdapat di buku tersebut dengan perkembangan fisik dan motorik, perkembangan kognitif, dan perkembangan bahasa siswa. Namun, aspek literasi sains yang terdapat di buku tersebut tidak seluruhnya berkontribusi pada perkembangan psikososial siswa. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan adanya kesesuaian antara aspek literasi sains yang terdapat di buku dengan kebutuhan siswa SD/MI kelas rendah yang ditandai dengan adanya kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Muatan Literasi Sains; Buku Tematik Siswa Kelas III SD/MI
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wida Komala
Date Deposited: 20 Sep 2022 06:24
Last Modified: 20 Sep 2022 06:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57479

Actions (login required)

View Item View Item