Penanaman berakhlakul karimah melalui kegiatan pembiasaan di kelas II Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rifqi

Nuraisyah, Desi (2022) Penanaman berakhlakul karimah melalui kegiatan pembiasaan di kelas II Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rifqi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena merosotnya karakter bangsa menurut Thomas lichona di antaranya : 1) tingkat kekerasan di kalangan remaja, 2) pengaruh geng dalam perilaku kekerasan, 3) peningkatan perilaku merusak diri sendiri, 4) berkurangnya rasa hormat terhadap orang tua, 5) rendahnya perasaan kewajiban individu atau kelompok,6) budaya tidak jujur yang sudah menjadi hal yang dilumrahkan serta adanya kebencian antar sesama manusia. Terdapat permasalahan yang ditemukan di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rifqi yaitu ada sepuluh peserta didik yang memiliki akhlak yang kurang baik misalnya ketika disuruh untuk segera salat berjamaah respon atau sikap siswa masih berleha-leha, ada juga beberapa siswa yang ketika pembacaan Asmaul-husna tidak mengikuti pembacaan bersama teman-teman yang lain, ada siswa yang kurang memiliki rasa hormat kepada guru seperti terlihat pada sikap tidak mendengarkan atau mengabaikan perintah guru. Kegiatan pembiasaan sangat berpengaruh dalam penanaman berakhlakul karimah pada peserta didik, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk penanaman berakhlakul karimah yang dilakukan di kelas II MI Ar-Rifqi dan untuk mengetahui apa saja kegiatan pembiasaan dalam penanaman berakhlakul karimah yang dilakukan di kelas II MI Ar-Rifqi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengunakan deskriktif analisis yaitu penelitian yang mendeskripsikan suatu konteks tertentu dikaji secara utuh, komperhensif dan holistik, penelitian ini berguna untuk mendapatkan data secara detail. Teknik pengumpul data mengunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan alur kegiatan dari model Miles Dan Huberman dengan tiga alur penelitian yaitu reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian terdapat bentuk-bentuk penanaman berakhlakul karimah melalui kegiatan pembiasaan di kelas 2B di antaranya yaitu; 1) berakhlak kepada Allah Swt dengan menanamkan iman, ihsan, taqwa, sukur, sabar, 2) berakhlak kepada manusia dengan menanamkan silaturahmi, tawadhu, dermawan, sopan, kasih sayang, saling menghargai, 3) berakhlak kepada diri sendiri dengan menanamkan bersabar atas segala musibah, bersabar dalam melaksanakan ibadah, bersabar dalam menjauhi larangan-Nya, 4) dan berakhlak kepada lingkungan dengan menanamkan kasih sayang terhadap keindahan, tanggung jawab terhadap kenyamanan, merawat, menjaga lingkungan ataupun tumbuhan yang ada di sekitar. Adapun kegiatan-kegaiatan pembiasaan yang ada di MI Ar-Rifqi di antaranya; 1) Pembiasaan pelaksanaan wudhu, 2) Pembiasaan salat duha berjamaah, 3) Pembiasaan berdo’a setelah salat, 4) Pembiasaan kegiatan tahsin dan tahfiz, 5)Pembiasaan ahalat zuhur berjamaah, 6) Pembiasaan kegiatan penyambutan, 7) Pembiasaan menyapa dengan menanyakan kabar, dan 8) pembiasaan membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kerapihan dan keindahan tanaman sekitar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kegiatan pembiasaan; Berakhlakul karimah
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Desi Nuraisyah
Date Deposited: 20 Sep 2022 04:15
Last Modified: 20 Sep 2022 04:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57463

Actions (login required)

View Item View Item