Strategi Dinas Penataan Ruang Kota Bandung dalam meningkatkan pelayanan sosial pada masyarakat di era pandemi covid-19: Studi deskriptif program pelayanan sosial di Dinas Penataan Ruang Kota Bandung

N'dari, Fatya Ayu (2022) Strategi Dinas Penataan Ruang Kota Bandung dalam meningkatkan pelayanan sosial pada masyarakat di era pandemi covid-19: Studi deskriptif program pelayanan sosial di Dinas Penataan Ruang Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan masyarakat memiliki konteks bahwa kesejahteraan masyarakat merupakan prioritas utama. Pembangunan menggunakan role model top to down merupakan pengembangan masyarakat yang ditunjang dengan memberikan perhatian, pengesahan kebijakan, membantu kebutuhan masyarakat yang berasal dari top yang berarti pemerintahan dan ditujukan langsung bagi masyarakat melalui pelayanan sosial sesuai dengan tugas dan fungsinya, namun terdapat permasalahan yang ada pada bidang kesehatan masyarakat berupa munculnya pandemi COVID-19 sehingga menganggu aktivitas sosial masyarakat, melihat persoalan inilah yang pada akhirnya pelayanan sosial lingkungan di Dinas Penataan Ruang Kota Bandung perlu memikirkan strategi supaya pelayanannya tetap tersalurkan bagi masyarakat yang membutuhkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program yang dilakukan, proses pelayanan sosial, hingga manfaat dari adanya pelayanan sosial yang dilakukan oleh Dinas Penataan Ruang Kota Bandung di masa pandemi COVID-19. Kerangka pemikiran menggunakan teori pelayanan sosial menurut Kahn (1979) yang mendefinisikan pelayanan sosial dapat disalurkan melalui lembaga dengan fungsi dan kebijakannnya untuk diimplementasikan sebagai bentuk dan wujud terlaksananya program yang berdasar pada kriteria kebutuhan masyarakat, pelayanan sosial dibagi atas dua jenis luas dan sempit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan menerangkan pelayanan sosial yang diselenggarakan oleh Dinas Penataan Ruang Kota Bandung bagi masyarakat di masa pandemi. Data yang dikumpulkan berupa hasil observasi, wawancara dengan Kepala Dinas, Kepala Subbag Perencanaan, Pemanfaatan, Pengawasan dan Pengendaliann Ruang, hingga Staff Data dan Informasi disertai hasil dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan lengkapnya fasilitas, sarana dan prasarana, sumber daya manusia yang mendukung dalam pemberian pelayanan sosial bagi masyarakat maka pelayanan sosial di Dinas Penataan Ruang Kota Bandung dapat terlaksana meskipun adanya situasi pandemi COVID-19 yang mengganggu aktivitas dengan adanya penyesuaian melalui kebijakan PSBB, Social Distancing. Pelayanan Sosial di Bidang Penataan Ruang tersalurkan melalui adanya progam perencanaan ruang, pemanfaatan ruang, pengawasan serta pengendalian ruang dan program pelayanan pemakaman, proses pelayanan sosial ini dilakukan secara E-Government, hingga menghasilkan manfaat bagi masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhan mereka terkait dengan penggunaan ruang lingkungan Kota Bandung di masa-masa pandemi COVID-19.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Covid-19; Pelayanan Sosial; Penataan Ruang
Subjects: Communities > Urban Communities, Cities
Social Welfare, Problems and Services
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fatya Ayu N'dari
Date Deposited: 20 Sep 2022 03:40
Last Modified: 20 Sep 2022 03:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57454

Actions (login required)

View Item View Item