Upaya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas V pada pelajaran matematika melalui model group investigation berbantuan media grafis

Aisyiyah, Nur Sofa (2022) Upaya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas V pada pelajaran matematika melalui model group investigation berbantuan media grafis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (877kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SDN 1 Indragiri yaitu pertama, pemahaman beberapa siswa terhadap materi pelajaran matematika kurang. Kedua, rendahnya hasil belajar kognitif siswa kelas V pada mata pelajaran matematika materi pengolahan data. Pada siswa kelas V, dari 33 siswa terdapat 26 siswa yang tidak mencapai KKM yakni 79% dan 7 siswa yang mendapat skor ≥ KKM yakni sebesar 21%. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar kognitif siswa kelas V pada pelajaran matematika sebelum menggunakan model group investigation berbantuan media grafis. 2) Untuk mendeskripsikan proses penerapan model group investigation berbantuan media grafis pada pelajaran matematika di kelas V pada setiap siklus. 3) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas V pada pelajaran matematika setelah menggunakan model group investigation berbantuan media grafis pada setiap siklus. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan selama 3 siklus dengan menggunakan model penelitian Spiral dari Kemmis dan Mc Taggart yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan (plan), tindakan (action), pengamatan (observe), dan refleksi (reflect). Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 1 Indragiri yang terdiri dari 33 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil belajar kognitif siswa pada prasiklus masih rendah yaitu rata-rata skor siswa sebesar 49,19 (tidak baik) dan hanya 7 siswa yang telah melampaui KKM yaitu 68 sebesar 22,58% (kurang). Sedangkan masih ada 24 siswa yang belum mencapai nilai KKM dengan persentase 77,42%. 2) Penerapan model group investigation berbantuan media grafis pada pelajaran matematika materi pengolahan data dapat terlaksana dengan baik. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu persentase aktivitas guru sebesar 92,31% (baik sekali), sedangkan persentase aktivitas siswa pada sebesar 74,24% (baik). Pada siklus II yaitu persentase aktivitas guru sebesar 100% (baik sekali), sedangkan persentase aktivitas siswa sebesar 80,42% (baik sekali). Pada siklus III yaitu persentase aktivitas guru sebesar 100% (baik sekali), sedangkan persentase aktivitas siswa sebesar 82,63% (baik sekali). 3) Adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa dari setiap siklus yaitu terjadi peningkatkan dari 49,19 (tidak baik) pada prasiklus, kemudian meningkat menjadi 71,74 (cukup baik) pada siklus I. Pada siklus II rata-rata hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan menjadi 77,32 (baik) dan pada siklus III meningkat kembali menjadi 90,66 (sangat baik).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Kognitif; Matematika; Media Grafis; Model Group Investigation
Subjects: Education
Elementary Education
Elementary Education > Elementary School
Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Sofa Aisyiyah
Date Deposited: 20 Sep 2022 06:46
Last Modified: 20 Sep 2022 06:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57431

Actions (login required)

View Item View Item