Bimbingan Islam untuk mengembangkan karakter religius peserta didik : Penelitian di MTs Al-Falah Pangulah Utara - Kab. Karawang

Audiawati, Irma (2022) Bimbingan Islam untuk mengembangkan karakter religius peserta didik : Penelitian di MTs Al-Falah Pangulah Utara - Kab. Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai karakter religius pada remaja. Salah satunya disebabkan oleh adanya aktualisasi karakter religius yang rendah sehingga tidak melekat antara pengetahuan, sikap dan perilaku pada diri remaja dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, pembimbing MTs Al-Falah berupaya untuk mengatasi hal tersebut melalui kegiatan bimbingan Islam di sekolah untuk menanamkan serta mengembangkan karakter religius pada peserta didik agar mereka mampu mempunyai sikap, perilaku atau akhlak yang mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, proses dan karakter religius yang ditunjukkan peserta didik setelah mendapat layanan bimbingan Islam di MTs Al-Falah Pangulah Utara – Kab. Karawang. Penelitian ini didasari oleh konsep pemikiran bahwa bimbingan Islam merupakan upaya pemberian bimbingan, pengarahan, dan tuntunan yang dilakukan oleh pembimbing kepada individu atau sekelompok individu dengan tujuan untuk mengembangkan fitrah atau potensi keagamaan yang dimilikinya secara optimal dengan menginternalisasikan nilai-nilai yang terdapat pada Al-Qur’an dan as-Sunnah sehingga mampu menjalani hidup yang selaras antara kehidupan di dunia dan di akhirat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan bimbingan Islam di MTs Al-Falah Pangulah Utara – Kab. Karawang mampu mengembangkan karakter religius pada diri peserta didik. Hal ini ditunjukkan oleh prosentase yang baik berdasarkan aspek karakter religius yaitu nilai ilahiyah dan nilai insaniyah. Keberhasilan bimbingan Islam untuk mengembangkan karakter religius peserta didik ini diketahui dari adanya kesadaran dan pemahaman akan sikap dan akhlaknya dalam mematuhi serta menjalankan setiap perintah yang sesuai dengan ajaran agama Islam, meskipun keberhasilan bimbingan Islam ini belum optimal tetapi dari setiap tahapannya selalu mengalami peningkatan nilai karakter religius.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islam; Karakter Religius
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Religious Experiences
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Irma Audiawati
Date Deposited: 20 Sep 2022 01:56
Last Modified: 20 Sep 2022 01:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57423

Actions (login required)

View Item View Item