Hubungan antara promosi dengan keputusan santri memilih pondok pesantren: Penelitian di Pondok Pesantren Kabupaten Bekasi

Pratiwi, Kartika Wahyu (2022) Hubungan antara promosi dengan keputusan santri memilih pondok pesantren: Penelitian di Pondok Pesantren Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (669kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan jumlah pondok pesantren di Kabupaten Bekasi yang menurut data EMIS Kementerian Agama Kabupaten Bekasi mencapai jumlah 209 Pesantren di Kab. Bekasi. Menjadikan persaingan pondok pesantren di Kab. Bekasi cukup ketat. Mayoritas Pondok Pesantren banyak yang masih menggunakan promosi word of mouth yang kurang relevan bila digunakan di masa pandemi saat ini. Beredar kabar dan berita yang mengatakan pondok pesantren menimbulkan cluster COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Realitas Promosi di Pondok Pesantren Kabupaten Bekasi, 2) Realitas Keputusan Santri Memilih Pondok Pesantren di Kabupaten Bekasi, 3) Realitas Hubungan Promosi dengan Keputusan Santri Memilih Pondok Pesantren di Kabupaten Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode deskriptif korelasional. Data penelitian dibagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari teknik angket adapun data sekunder berasal dari observasi dan dokumentasi. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan program SPSS 25 dengan Uji Instrumen (Validitas dan reliabilitas), Uji Prasyarat (Normalitas dan Linearitas), Uji Korelasi Koefisien, dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitian diketahui Realitas Promosi menghasilkan nilai 4,17. Nilai tersebut termasuk dalam kategori “Tinggi”, karena berada dalam rentang interval 3,40 - 4,19. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Promosi Pondok Pesantren di Kabupaten Bekasi dapat dikategorikan Tinggi. Realitas Keputusan Memilih Pondok Pesantren di Kabupaten Bekasi yaitu dengan nilai 3,8. Nilai tersebut termasuk dalam kategori “Tinggi”, karena berada dalam rentang interval 3,40-4,19. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Keputusan Memilih Pondok Pesantren di Kabupaten Bekasi dapat dikategorikan Tinggi. Hubungan promosi dengan keputusan santri memilih pondok pesantren di Kabupaten Bekasi berkorelasi positif dan signifikan, dengan koefisien korelasinya sebesar 0.730 Terdapat pada tingkat korelasi yang kuat, karena terdapat pada kategori 0,60-0,80 yang artinya hubungan promosi dengan keputusan santri memilih pondok pesantren (penelitian di Kabupaten Bekasi) memiliki hubungan yang kuat. Adapun jenis hubungan promosi dengan keputusan santri memilih pondok pesantren mengarah pada sifat positif dengan melihat angkat pearson correlation yaitu 0,730 dan tidak memiliki tanda minus (-) di angka tersebut, dapat diartikan hubungan kedua variabel searah, bahwa semakin tinggi promosi maka semakin tinggi keputusan santri memilih pondok pesantren. Hasil uji hipotesis nilai thitung sebesar 4,210 > ttabel 3,524 diartikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Koefisien determinasi mencapai 53,7 %, angka tersebut mengartikan bahwa keputusan santri memilih pondok pesantren di Kabupaten Bekasi dan 46,3 % lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keputusan Memilih; Promosi; Pondok Pesantren
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
General Management
General Management > Education an, of Marketing
General Management > Sales Management
General Management > Sales Promotion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Kartika Wahyu
Date Deposited: 21 Sep 2022 05:40
Last Modified: 21 Sep 2022 05:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57393

Actions (login required)

View Item View Item