Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar Al-Qur’an hadits di MTs Al-Islam Bandung : Penelitian pada siswa kelas VIII MTs Al-Islam Bandung

Bilqis, Siti Maulani (2022) Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar Al-Qur’an hadits di MTs Al-Islam Bandung : Penelitian pada siswa kelas VIII MTs Al-Islam Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di MTs Al-Islam Bandung, diperoleh informasi bahwa terdapat siswa yang memilki minat belajar rendah, seperti tidak pernah mencatat materidi pelajaran dan tidak pernah mengulang materi pelajaran di kelas. Hal ini menyebabkan ada beberapa siswa yang memiliki hasil belajar kognitif yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Mengetahui bagaimana minat belajar siswa kelas VIII Al-Islam pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, 2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII MTs Al-Islam pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, 3) Mengetahui sejauh mana hubungan antara minat belajar siswa kelas VIII dan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Islam Bandung Penelitian ini berdasarkan pada suatu pemikiran bahwa hasil belajar kognitif dipengaruhi oleh minat belajar siswa. Minat belajar siswa dipandang mampu meningkatkan hasil belajar kognitif karena semakin tinggi minat belajar siswa maka semakin baik pula hasil belajar kognitif mereka. Seperti siswa yang memiliki minat belajar yang tinggi, maka siswa tersebut akan menghafal materi pelajaran yang telah dipelajarinya. Pendekatan ini berdasarkan digunakan pada peneliti ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Sedangkan pengumpulan data melalui angket, tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif, dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif. Dengan menempuh analisis parsial perindikator dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Realitas minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits berkategori baik dengan nili rata-rata 3,46 yang berada pada interval 3,40-4,19. 2) Realitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits berkategori sangat kurang dengan nilai rata-rata 21,3 yang berada pada interval ≤49. 3) Realitas hubungan antara minat belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Islam (X) dan Hasil belajar pada Mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Islam (Y) berkategori sangat rendah dengan nilai rata-rata 0,84 yang berada pada interval 0,00-0,99. Hasil uji hipotesis nilai r_hitung (3,97) > r_(tabel )(0,15) sehingga Ha ditolak. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 46% dan sisanya 54% dipengaruhi oleh faktor lain. Artinya dengan taraf signifikasi a = 5% tidak terdapat korelasi positif yang signifikan antara minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits (X) dengan Hasil Belajar siswa pada Mata pelajaran Al-Qur’an Hadits (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar; Hasil Belajar; Al-Qur’an Hadits
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Maulani Bilqis
Date Deposited: 20 Sep 2022 01:45
Last Modified: 20 Sep 2022 01:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57366

Actions (login required)

View Item View Item