Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi rasio Profitabilitas Return On Asset (ROA) di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) HIK Parahyangan

Meidaningsih, Nining (2022) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi rasio Profitabilitas Return On Asset (ROA) di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) HIK Parahyangan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan komersial suatu perusahaan dapat diukur dengan profitabilitasnya sebagai ukuran dari jumlah keuntungan yang telah dicapainya. Dengan membandingkan pendapatan yang diperoleh dengan aktiva atau modal yang digunakan dalam menghasilkan keuntungan. Pada kenyataannya terjadi perbedaan rasio keuangan terhadap tingkat profitabilitas (ROA), perkembangan profitabilitas (ROA) yang cenderung fluktuatif dan adanya research gap atau perbedaan hasil penelitian terkait dengan faktor-faktor rasio keuangan yang mempengaruhi profitabilitas pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Capital Adequacy Ratio (CAR), Net Performing Financing (NPF), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return on Asset (ROA) baik secara parsial maupun simultan di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) HIK Parahyangan. Capital Adequacy Ratio (CAR) digunakan untuk mengukur rasio kecukupan modal yang menunjukan kemampuan bank dalam mempertahankan modal yang mencukupi. Net Performing Financing (NPF) digunakan untuk mengukur kemampuan bank dalam mengelola pembiayaan bermasalah. Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) digunakan untuk menggambarkan tingkat efisiensi bank dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya. Financing to Deposit Ratio (FDR) digunakan untuk mengukur jumlah dari pembiayaan yang diberikan dengan jumlah yang dimiliki. Return on Asset (ROA) digunakan untuk mengukur kemampuan bank dalam menghasilkan aktiva dari aktiva yang digunakan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deksriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan data time series dan sumber data yang digunakan yaitu data sekunder. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t (parsial), uji F (simultan), dan uji koefisien determinansi dengan alat uji software SPSS 22 for windows. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Capital Adequacy Ratio (CAR) tidak berpengaruh secara signifikan dengan nilai t hitung 0,474 < t tabel 2,36462 dan tingkat nilai signifikansi adalah sebesar 0,660 > 0,05. Net Performing Financing (NPF) secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan dengan nilai t hitung -1,561 < t tabel 2,36462 dan tingkat nilai signifikansi adalah sebesar 0,194 > 0,05. Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan dengan nilai t hitung -3,166 > t tabel 2,36462 dan tingkat nilai signifikansi adalah sebesar 0,034 < 0,05. Financing to Deposit Ratio (FDR) secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan dengan nilai t hitung -2,982 > t tabel 2,36462 dan nilai signifikansi adalah sebesar 0,041 < 0,05. Secara simultan CAR, NPF, BOPO, dan FDR berpengaruh dan signifikan terhadap ROA dengan nilai R2 sebesar 0,875.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Return On Asset (ROA); Capital Adequacy Ratio (CAR); Net Performing Financing (NPF); Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO); Financing to Deposit Ratio (FDR)
Subjects: Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Nining Meidaningsih
Date Deposited: 20 Sep 2022 01:28
Last Modified: 20 Sep 2022 01:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57358

Actions (login required)

View Item View Item