Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Negeri 5 Menara dan relevansinya terhadap pembelajaran PKN di Madrasah Ibtidaiyah

Purbaningrum, Afifah (2022) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Negeri 5 Menara dan relevansinya terhadap pembelajaran PKN di Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4. DAFTAR IS.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
5. DAFTAR TABEL.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
6. BAB I.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
7. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
8. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
9. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
10. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah meningkatnya penyimpangan moral dan kenakalan yang dilakukan oleh peserta didik. Hal tersebut menunjukkan bahwa peran pendidikan menjadi salah satu yang krusial dalam pembentukan karakter pada peserta didik melalui pembelajaran PKn di sekolah. Dengan pembiasaan karakter di sekolah yang baik, membuat peserta didik dapat melakukan pembiasaan karakter tersebut di lingkungan bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di dalam novel Negeri 5 Menara dan mendeskripsikan relevansinya dengan materi pembelajaran Pkn di MI. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Data primer yang digunakan adalah novel dari Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Mengenai teknis pengumpulan data yang akan digunakan adalah dengan metode dokumen analisis dengan beberapa tahapan yaitu, membaca novel secara keseluruhan, menandai, mencatat dan mengelompokan ke dalam 18 nilai pendidikan karakter. Selanjutnya, teknik analisis data yang digunakan adalah dengan pembacaan hermeneutika. Hasil penelitian adalah: 1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di dalam Novel Negeri 5 Menara memiliki 18 nilai karakter yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. 2) Relevansinnya di dalam nilai pendidikan karakter dalam Novel Negeri 5 Menara yang terkait di dalam materi pembelajaran PKn dan disesuaikan di dalam KI KD. Selanjutnya ditemukan 18 nilai pendidikan karakter yang berdasarkan relevansinnya dengan materi pembelajaran PKn yang sesuai dengan KI KD, yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai pendidikan karakter; analisis novel; analisis KI KD mata pelajaran PKn
Subjects: Education
Education > Psychology of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Afifah Purbaningrum
Date Deposited: 27 Sep 2022 04:26
Last Modified: 27 Sep 2022 04:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57352

Actions (login required)

View Item View Item