Pengaruh Current Ratio dan Debt to Equity Ratio Terhadap Return On Equity pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Sayriah Indonesia (ISSI) : Studi di PT.Mayora Indah Tbk periode 2012-2021

Daya, Silvi Urian (2022) Pengaruh Current Ratio dan Debt to Equity Ratio Terhadap Return On Equity pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Sayriah Indonesia (ISSI) : Studi di PT.Mayora Indah Tbk periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy

Abstract

Pada dasarnya suatu perusahaan didirikan agar mampu menghasilkan laba. Salah satu strategi untuk memperoleh keuntungan yang tinggi yaitu dengan meningkatkan kinerja keuangan perusahaan tersebut. Rasio proftabilitas merupakan salah satu rasio yang dipakai dalam perusahaan. Pada saat nilai profitabiltas perusahaan tinggi, maka akan mendapatkan perhaatian dari para investor untuk menanamkan modalnya. Rasio profitabilitas yang sering dipakai adalah Return On Equity. manajemen perusahaan harus menganalisa hal-hal yang mempengaruhi nilai ROE pada perusahaan agar mampu memperbaiki rata-rata ROE kurun jangka panjang. Nilai ROE perusahaan dipengaruhi oleh berbagai factor diantaranya adalah Current Ratio dan Debt to Equity Ratio. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui pengaruh dari Current Ratio terhadap Return On Equity secara parsial, pengaruh Debt To Equity rati terhadap Return On Equity secara parsial, dan pengaruh Current Ratio dan Debt To Equiy Ratio terhadap Return On Equity secara simultan pada PT.Mayora Indah Tbk periode 2012-2021. Penelitian ini berdasarkan pada teori awal yang mengatakan bahwa current ratio berbanding terbalik terhadap profitabilitas, dimana ketika current ratio tinggi terdapat dana yang mengganggur. Dan ketika nilai DER tinggi maka menandakan bahwa beban dalam perusahaan semakin besar, teori tersebut disebabakan dengan besarnya hutang akan mengakibatkan beban bunga semakin tinggi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini berasal dari data sekunder publikasi terbitan oleh perusahaan di Website resmi PT.Mayora Indah Tbk Periode 2012-2021. Penelitian ini menggunakan alat analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis kuantitatif, analisis korelasi pearson product moment, analisis regresi linier sederhana dan berganda, uji t dan uji f. penelitian ini dilakukan dengan olahan data menggunakan aplikasi SPSS Ver 26 dan rumus manual. Hasil penelitian disimpulkan bahwa bahwa Current Ratio memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Return On Equity sebesar 5,3%, dan Debt to Equity Ratio memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap Return On Equity sebesar 59%. Kemudian Current Ratio dan Debt to Equity Ratio secara simultan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Return On Equity sebesar 15,7% .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Debt to Equity Ratio (DER); Return On Equity Ratio (ROE).
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Silvi Urian Daya
Date Deposited: 20 Sep 2022 04:26
Last Modified: 20 Sep 2022 04:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57322

Actions (login required)

View Item View Item